TIPS KOMITMEN MENULIS DI BLOG

 

RESUME KE-8
PERTEMUAN  KBMN28  RABU,25 JANUARI 2023


Tema :  " Komitmen Menulis di Bolg"

Hari/tgl : Rabu, 25 Januari 2023

Narasumber : Drs.Dedi Dwitagama, M.Si

Moderator : Sigit PN, SH

KBMN : gelombang ke 28
Penulis Resume : Nurfatuh .S.Pd.SD

     Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ..Alhamdulillah Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa pertemuan kedelapan masih bisa mengikuti pembelajaran yang spesial malam ini yaitu bersama Narasumber hebat dan berprestasi sangat luar biasa yaitu bapak DRS.Dedi Dwitagama,M.Si dan sebagai Moderator adalah Sigit PN.SH dengan tema  Komitmen Menulis di Blog melalui zoom meeting yang sangat bermakna.


Memulai menulis memang dibutuhkan semangat yang luar biasa. Jika sempat semangat kendor hasilnya kosong. Seperti yang saya alami akhir ini, menjadi bingung apa yang mau ditulis. Terlalu banyak di ruang kepala tak satu pun dituangkan di dalam wadah.

Pak Dedi ini salah satu guru paling asik,gaul,keren,kreatif,dan cerdas. Beliau mengajar sebagai guru Bimbingan Konseling di sekolah  SMKN 50 Jakarta. Pak Dedi bisa dibilang guru idaman murid. Selain mengajarnya santai beliau juga ramah. 

Biodata :

Alamat Rumah : Jl. E.1 No. 3 Cipinang Muara Raya
Jatinegara – Jakarta Timur 13420 Indonesia
Telepon : (62-21) 8509054 – 

Pendidikan yang telah dilaluinya antara lain :

• 2001 : Magister Sains Matematika Industri Jurusan Statistik – ITS Surabaya
• 1998 : Magister Manajeman SDM STIE IPWI Jakarta
• 1995 : Sarjana Pend. Matematika FP.MIPA IKIP Jakarta
• 1987 : Diploma III Pend. Matematika IKIP Jakarta
• 1983 : Jurusan IPA – SMA Negeri 35 Jakarta
• 1979 : SMP Negeri 19, Kebayoran
Jakarta
• 1976 : SD Mekarsari, Kebayoran Baru Jakarta Selatan

 Tips komitmen  menulis di blog menurut Pak Dedi sbb:

1. Tentukan Tujuan
2. Fokus
3. Buat Outline
4. Mulai menulis
5. Publish
6. Ikut komunitas
7. Baca tulisan orang lain
8. Perkenalkan diri
9. Sekolah Anda
10. Perjalanan karir
11. Tentukan pilihan
12. Networking
13. Mulai hati2 Dengan bersyukur


Pada malam ini sangat merasa tercerahkan ,terbuka lagi akal pikiran setelah mengikuti pembelajaran online melalui zoom meeting.  Handphoneku sangat mendukung untuk buka aplikasi zoom. Jaringan wifi di rumahku sangat lancar sehingga semua paparan materi dari pak Dedi bisa kita simak dengan baik. Mengikuti lewat link YouTube kadang ada kurang komunikatif karna gak bisa berinteraksi langsung , atau tidak bisa bertanya langsung ke narasumber. Narasumber nya sangat wellcam ,teman-teman peserta yang mengajukan pertanyaan slalu di berikan jawaban yang memuaskan hati.


Melalui tanya jawab sebagian besar isi materi bisa menambah wawasan kita terkait TIPS Komitmen Menulis Di Blog .

Pak Luthfi "Bagaimana menumbuhkan minat anak untuk menulis di blog?"
Pak Dedy menjawab melalui pengalaman Bu Widya telah melakukan di sekolah. Dimulai dari kelas dimana kita mengajar. Setiap hari dibuat dokumentasi kemudian dibuat di blog dan dikisahkan apa yang terjadi pada saat foto itu berlangsung

Pertanyaan dari Ririn Siti -Ciamplas
"Bagaimana tips membagi waktu? "
Tips membagi waktu untuk menulis, bisa dilakukan pada malam hari, atau pada saat ada waktu senggang pada jam istirahat. Saya terkadang menulis ketika ada jam kosong dan jam istirahat. Kemudian menulis lagi jika anak-anak sudah tidur. Memanfaatkan waktu seminim mungkin bisa menjadi sebuah tulisan.

Bisa menulis sesuatu dari acara berlangsung. Tidak masalah menulis yang sedang tidak trending. Mungkin beberapa tahun kemudian tulisan itu menjadi trending.
"Motivasi untuk menulis?" Pertanyaan dari Sri Rezeki-Yogyakarta.

Motivasi bertebaran bahkan jutaan. Ingin punya blog diisi dengan keadaan sekolah. Pengalaman Pak Dedy, mengisahkan tentang lingkungan sekolahnya. Bagaimana kondisi sekolah sebelum dicat dan sesudah dicat. Sederhana saja dulu. Kemudian ada bazar di sekolah. Setiap anak difoto dan diceritakan semua di blog. Anak-anak membaca dan saling bertanya, Saya kapan Pak dikisahkan di blog? Nah dari kisah anak-anak sudah tambah tulisan di blog.
Beliau juga menyarankan agar membuat video setiap kisah dan diaplod ke YouTube. Setelah itu  kisahkan lagi di blog. 

Ada Banyak hal yang bisa kita tulis di blog. Apalagi jika kita mempunyai jabatan. Misalnya menjadi kepala sekolah penggerak beranggotakan komunitas belajar sekolah sekolah yang ada di setiap KKKS dan KKG. Tinggal diminta saja kepada kepala sekolah. Keadaan sekolah atau prestasi anak-anak yang terbaik dibuat dan di upload diYouTube  kemudian di share lagi ke aplikasi Platform Merdeka Mengajar sehingga bisa di bbaca dan di akses oleh guru dan kepala sekolah dan semua orang yg melakukantugas mendidik dan mengajar dan diceritakan kisah mereka bagaimana bisa mencapai prestasi dan kegiatan pembelajaran yang sesuai IKM  Nah dari tulisan itu juga bisa dimuat di blog. 

Sangat bersyukur juga pada pertemuan ke-8 bisa bertatap maya langsung kepada Pak Dedi yang sangat luar biasa prestasinya.
 Awalnya menulis puisi. Meskipun puisi tidak seindah tulisan senior. Percaya diri saja. Kemudian saya juga menulis best practice sekolah model karna saya adalah kepala sekolah di sekolah model yang saya pimpin tahun 2017 - 2019 dimana kita di wajibkan untuk membuat praktik baik sekolah yang bisa dibagikan ke sekolah imbas lainnya yang ada di wilayah sekolah kita .kemudian masuk lagi masa pandemi covid 19 banyak sekali hal hal yg bisa di tulis menjadi sebuah cerita untuk di bagikan pada teman kepala sekolah lainnya. Ternyata sering menulis di aplikasi menambah teman literasi dan bahkan mereka mengajak masuk grup. 
Sejak saat itu saya sangat termotivasi selalu menulis dan menulis .
"Menulis saja dulu lupakan aturan." Seru Bang Bekti, beliau adalah salah satu pendorong semangat saya untuk selalu menulis. Bahkan menggunakan blog meduster pun. Serta beliau juga yang memperindah blog meduster. 

Pada kesempatan kali ini memberanikan diri untuk bertanya kepada narasumber Pak Dedi. Seputar karya anak-anak yang masih tersimpan di laptop.

"Apakah tidak menjadi masalah jika tulisan anak-anak kita kumpulkan di blog. Karena pada ajaran tahun 2021 pernah mengumpulkan  puisi dan kumpulan cerpen  tapi masih ada di laptop."

Saran beliau segera dituangkan saja di blog sebelum data dan tulisan itu  itu hilang. Menulislah dengan bahagia tanpa beban . Jangan terlalu idealis menulis . Ingin sempurna. Yang sempurna itu Tuhan. Menulis dengan hati, tidak mesti sesuai dengan kaidah kebahasaan. Justru dengan kesederhanaan kita menulis itu yang menjadi ciri khas dan staile diri kita 

Motivasi yang sangaat baik ini membakar lagi Semangat  untuk menulis setiap hari. Dengan mengikuti pembelajaran pertemuan ke-8. Membiasakan diri untuk selalu menulis hal-hal di sekitar dan membuat dokumentasinya. Bahkan jika bisa kirim di YouTube. Setelah itu linknya di salin kirim lagi di blog.

Semoga ilmu dari pak Dedi malam ini dapat menghasilkan energi positif untuk selalu menulis di setiap moment yang di jalani . Dan semua tulisan bisa menjadi warisan untuk generasi emas  anak cucu dan peserta didik kita dan semua penikmat tulisan . Tetap semangat dan bahagia.

Menulislah dengan santai lupakan aturan!

Semangat slalu, jangan ada beban di hati jangan lupa bahagia !

Demikian  resume dari nurfatuh.terimakasih !





 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU