MANFAAT BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN



Resume          :  ke - 5

Tema              : Blog Sebagai Media Pembelajaran 

Narasumber   : Dail Ma'ruf M.Pd.

Moderator      : Purbaniasita KS, S.Pd 

Penulis           : Nurfatuh S.Pd.SD  

Hari/tanggal   : Rabu,18 januari 2023    

                   

            Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh ..Alhamdulillah Wasyukurillah  nikmat Allah SWT sangat luar biasa pada malam hari ini , anugerah terindah berupa rahmat kesehatan ,kesempatan dan hidayah slalu tercurah kepada kita sekalian peserta BM 28 .Sholawat dan salam mari selalu kita persembahkan kepada Manusia Agung Nabi Besar Muhammad SAW yang telah membawa risalah kebenaran menuntun umat di Bumi ini dari jaman gelap gulita ke jaman terang benderang dinul islam seperti yang kita rasakan bersama sekarang ,mudah-mudahan kita termasuk golongan umatnya yang tetap Istiqomah pada ajaran dan tuntunannya Aamiin YRA.  Saat ini kita sudah  memasuki pertemuan kelima tidak terasa apa yang kita lalui bersama di KBMN28 ini memberikan goresan warna yang selalu menari lincah di hati dan pikiran ku..Berbahagialah saya yang merupakan salah satu peserta dari kegiatan memetik emas ilmu menulis dari pohon rindang rimbun menebar wangi ke seantero negeri.Tema materi malam ini adalah BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN dengan di pandu oleh moderator cantik ,lincah dan piawi bertutur santun penuh makna yaitu mbak Purbaniasita S.Pd atau biasa di panggil bu SITA. Narasumber malam ini Adalah sosok yang tidak asing lagi dalam dunia KBMN 28 dan  era sebelumnya sebagai pusat sumber ilmu , dan segudang sebutan yang selalu menginspirasi penulis penulis baru dan pemula untuk mau menarikan jemarinya menorehkan kata menjadi sebuah tulisan brilian yang bermanfaat untuk semua..Wah..! sangat luar biasa bapak DAIL MA'RUF.M.Pd.

Sebagai ucapan selamat datang dari Bu Sita beliaunijin berpantun yang bunyinya sebagai berikut : Pagi hari makan kelapa ,rasanya enak bikin tertawa  ,kita di sinintelah berjumpa ,untuk acara yang istimewa. kreen banget pantunnya semakin membuka cakrawala berpikir untuk masuk menyimak dengan tuntas materi Narasumber hebat dan inspiratif yang berjudul BLOG SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN .
 Penjelasan dari Pak Dail kalau kita balik lagi ke materi bahwa Blog sama dengan media sosial lainnya seperti FB,  IG, Email, Tiktok ,dan you Tube. Ini bisa kita gunakan untuk hal positif dan bermanfaat diantaranya bagi guru bisa dijadikan media pembelajaran yang efektif.  Kata "Blog " berasal dari kata weblog  yang diperkenalkan pertama kali 1998 oleh Jhon Barger. Website yang bersifat pribadi dan sering di perbarui dari waktu ke waktu .Dengan kata lain blog adalah website yang bersifat personal ,yang memuat opini personal dan hal hal lain untuk mengaktualisasikan diri dan mengabarkannya pada komunitas global.


     Dalam dunia pendidikan istilah media pembelajaran tentulah tidak asing. Media pembelajaran bisa menjadi penghubung antara guru dan materi pelajaran yang ia punya dengan siswa dan kesiapannya menerima pelajaran dari guru. Atau dalam bahasa yang lebih sederhana, media pembelajaran merupakan salah satu cara atau alat bantu yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Oleh karena itu, tujuan penggunaan media pembelajaran secara umum adalah untuk membantu guru dalam menyampaikan pesan-pesan atau materi pelajaran kepada siswanya agar pesannya lebih mudah dimengerti, lebih menarik dan lebih menyenangkan (Lestari, Ariani dan Ashadi. 2014)

Media pembelajaran mempunyai posisi penting dalam proses pembelajaran, karena dengan media pembelajaran kreatif dan inovatif bisa merangsang pola pembelajaran yang efektif dan rekreatif. Hal tersebut tentunya bisa menunjang keberhasilan dari proses belajar mengajar tersebut sehingga kegiatan belajar mengajar dapar mencapai tujuan yang diinginkan.

Dengan demikian, blog menjadi wadah terbuka dan wahana kreasi tanpa batas yang bisa dimanfaatkan oleh setiap orang untuk mengekspresikan diri sesuai dengan minat dan bakatnya. Pola ini bergayung sambut dengan para pengguna internet di seantero dunia yang haus mencari berbagai informasi mengenai apa saja, sehingga blog menjadi sesuatu yang sangat menjanjikan bagi pemilik dan pengguna blog baik secara keluasan informasinya atau secara ekonomi. Keluasan informasinya sudah tidak bisa diragukan lagi, apa saja bisa dicari dan dituangkan melalui blog. Secara ekonomi juga tidak kalah menggiurkan karena blog bisa menambah isi dompet dalam jumlah yang tidak bisa dikatakan sedikit. Blog bisa menghasilkan ratusan ribu sampai puluhan juta rupiah. Pak Dail menyodorkan lima bloger terkenal di Indonesia, yaitu: Herman Yudiono, Raditya Rika, Sugeng Riyadi, Carolina Putri, dan Dani Rachmat.

Saya sendiri, untuk melihat seperti apa isi dompetnya, mencoba mengintip Herman Yudiono. Ternyata, beliau adalah orang yang memutuskan fokus sebagai bloger dan keluar dari sebuah pekerjaan di luar negeri dengan gaji puluhan juta rupiah. Dan keputusan itu ternyata tidak salah karena sekarang Herman Yudiono mempunyai income lebih dari dua kali jumlah gajinya di luar negeri. Wow...Mantap!

Hal tersebut menjadi sangat mungkin karena blog sangat variatif dan hampir tidak terbatas. Ia menampung hampir semua hal yang terkait dengan kecendrungan pengguna internet. Pada materi lanjutan pak Dail, beliau mencantumkan berbagai jenis blog yang ada. Yaitu di antaranya: blog pendidikan, blog Sastra, blog pribadi atau buku harian online, blog bertopik, blog kesehatan, blog politik, blog perjalanan, blog riset, blog hukum, blog media, blog agama, blog bisnis dan lain sebagainya.

Jika demikian, lalu bagaimana mengkorelasikan blog dengan pendidikan, terutama dengan media pembelajaran sebagaimana tema pertemuan ini? Dalam hal ini, media pembelajaran tentu harus tetap mengikuti perkembangan tekhnologi agar media yang digunakan tidak usang dan ketinggalan zaman. Dalam konteks ini media pembelajaran bisa dikelompokkan menjadi empat kelompok. Yaitu:

1. Media hasil teknologi cetak 

Teknologi cetak adalah cara untuk menghasilkan atau menyampaikan materi, seperti buku dan materi visual statis terutama melalui proses percetakan mekanis atau fotografis. Kelompok media hasil teknologi cetak antara lain: teks, grafik, foto atau representasi fotografik. 

2. Media hasil teknologi audio-visual

Teknologi audio-visual adalah cara menyampaikan materi dengan menggunakan mesin-mesin mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio-visual. Penyajian pengajaran secara audio-visual jelas bercirikan pemakaian perangkat keras selama proses pembelajaran, seperti, mesin proyektor film, tape rekorder, proyektor visual yang lebar. 

3. Media hasil teknologi yang berupa komputer

Teknologi berbasis komputer merupakan cara menghasilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang berbasis micro-prosesor. Berbagai aplikasi teknologi berbasis komputer dalam pembelajaran umumnya dikenal sebagai computer assisted instruction. 

4. Media hasil gabungan teknologi cetak dan teknologi komputer 

Teknologi gabungan adalah cara untuk menghasilkan dan menyampaikan materi yang menggabungkan pemakaian beberapa bentuk media yang dikendalikan komputer. Komputer yang memiliki kemampuan yang hebat seperti jumlah random akses memori yang besar, hard disk yang besar, dan monitor yang beresolusi tinggi ditambah dengan pararel (alat-alat tambahan), seperti: video disk player, perangkat keras untuk bergabung dalam suatu jaringan dan sistem audio.

Model media pembelajaran nomor 3 dan 4 sangat memungkinkan untuk menggunakan kemajuan tekhnologi informasi dalam proses pembelajaran, termasuk di dalamnya menggunakan blog. Terlihat sekali kombinasi media pembelajaran dan teknologi ini justru memberikan kemudahan bagi para pendidik dalam menjalankan tugasnya. Dengan demikian, blog sangat perlu dan penting untuk dijadikan media pembelajaran. Dari beberapa jenis blog yang dipaparkan pak Dail, blog yang akan dibuat adalah blog pendidikan. Blog jenis ini akan memberikan beberapa manfaat terutama terkait dengan siswa dan guru, yaitu:

1. Blog sebagai wahana rumah belajar 

2. Blog dapat meringankan beban dan tugas guru 

3. Blog dapat meningkatkan minat belajar pada siswa 

4. Blog bisa di akses siapa saja 

5. Blog dapat menjadi media silaturahmi

Manfaat dari blog pendidikan ini sejalan dengan tujuan awal adanya media pembelajaran itu sendiri. Dalam Sujana dkk. (2002) dijelaskan beberapa manfaat media pembelajaran tersebut, yaitu:

a. Pengajaran akan lebih menarik perhatian siswa sehingga dapat menumbuhkan motivasi belajar. 

b. Bahan pengajaran akan lebih jelas maknanya sehingga lebih dipahami oleh siswa dan memungkinkan siswa menguasai tujuan pengajaran lebih baik. 

c. Metode mengajar akan lebih bervariasi tidak semata-mata komunikasi verbal melalui penuturan kata-kata oleh guru sehingga siswa tidak bosan dan guru tidak kehabisan tenaga. 

d. Siswa lebih banyak melakukan kegiatan belajar, sebab tidak hanya mendengarkan uraian guru tapi juga aktivitas lain seperti mengamati, melakukan, mendemonstarsikan dan lain-lain.

Saya sangat berterima kasih sama OmJay ,Pak Dail dan mentor-mentor yang hebat-hebat dalam group KBMN 28 ini, sebelum bergabung di group ini tulisan yang ada di blog saya updatenya sekali dalam sembilan tahun yg lalu , tapi setelah mencobakan apa yang dibilang OmJay menulis setiap hari, blog saya setiap hari saya sapa dengan tulisan-tulisan dalam latihan menulis yang diadakan KBMN 28, sangat luar biasa. saya setuju dengan bapak Dail kenapa bukan nama OmJay yang ada pada urutan pertama blogger..tapi Alhamdulillah Omjay keberkahannya sangat luar biasa membantu teman teman seprofesinya mengembangkan diri melalui tulisan . ini Anugerah terbesar yang di berikan Allah SWT untuk OM Jay..pahalanya mengalir bagai air yg sungai yg terus mengalir hingga ke hulu tiada hentinya..Aamiin YRA. Itulah sekelumit torehan manis dari hasil simak Materinya Pak Dail di BM 28 HARI KE 5.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU