USAHA DAN IKHTIAR PENERBITAN BUKU

 

                                                                  


RESUME KE- 30

PERTEMUAN KE -30 KBMN ANGKATAN KE -28 TAHUN 2023

TEMA : USAHA PENERBITAN BUKU

NARASUMBER MUKMININ.S.PD

MODERATOR : MULIADI .M.PD

HARI : JUM'AT, 17 MARET 2023

PENULIS RESUME : NURFATUH S.PD.SD 



              Assalamu alaikum, warahmatullahi wabarakatuh, selamat malam bapak ibu kawan-kawan semuanya ,semoga malam ini sehat dan bahagia selalu sembari kita menunggu di mulainya kegiatan presentasi materi usaha penerbitan buku yang akan di sampaikan oleh bapak narasumber hebat kita Mukminin S.PD dan Moderator pemandu bapak Muliadi .M.PD Semoga beberapa waktu ke depan akan selalu lancar dan berkah .

 Malam ini adalah malam terakhir kita mendapatkan materi belajar menulis dari pakarnya. Ada 30 pertemuan tak terasa kita lewati bersama. Ada yang blognya sudah penuh dengan resume dan ada pula yang sudah penuh sarang laba-laba. Sebab isi blognya tidak pernah terupdate dengan tulisan baru.

           Omjay mengucapkan selamat kepada kawan-kawan yang bisa menyelesaikan resumenya selama 30 kali pertemuan. Segera dirajut dan disusun menjadi buku yang bermutu. Tawarkan ke penerbit andi Yogyakarta, semoga disetujui. Bila ditolak atau merasa naskah bukunya belum layak jual, maka tawarkan ke penerbit indie. Dengan senang hati para penerbit itu akan menerimanya dengan tangan terbuka. Malam ini narasumbernya keren dan berpengetahuan luas. Saat kopdar temu penulis di gedung guru Indonesia, beliau mendapatkan hadiah pinter dari Epson.  Moderator yang memimpin acara juga keren. Datang dari Tolitoli yang jauh sekali dari Lamongan.   Kecanggihan teknologi membuat dua laki-laki sukses ini berkolaborasi malam ini dari kota Tolitoli Sulawesi tengah dan kota Lamongan Jawa timur. 

Sebelum mulai materinya izinkan Omjay mengucapkan selamat kepada kawan-kawan yang sudah mampu mengalahkan dirinya sendiri dan mengelola waktu dengan baik. Alhamdulillah benar sekali Om Jay mengalahkan diri sendiri dalam mengelola waktu adalah sebuah keajaiban yang patut saya syukuri juga.       

Besok insya Allah ibu ketua umum PB PGRI, Prof. Dr. Unifah Rosyidi akan menutup dengan resmi kegiatan belajar menulis Nusantara KBMN PGRI bersama ibu dirjen gtk Kemdikbudristek, Prof. Dr. Nunuk Suryani. semoga kita bisa menghadiri kegiatan closing ceremony dengan hati gembira   Inshaallah saya niatkan dalam hatiku yang tulus untuk bisa hadir dengan penuh gembira dan bahagia di closing ceremony besok. Om Jay memberikan kesempatan dan menSilahkan pak Muliadi memimpin acara malam ini  .  Assalamualaikum bapak ibu pecinta literasi  peserta KBMN angkatan-28 beberapa saat ke depan kita memasuki kelas belajar virtual.

Pada Malam ini seperti Om Jay sudah sampaikan adalah malam terakhir untuk kelas belajar menulis gelombang-28. Ini pertemuan ke-30 Rasanya agak sedikit berbeda dari hari hari sebelumnya yaah rasa ingin menorehkan pena tuts huruf dan kata itu sudah mulai sedikit lancar dan selalu ingin.,

Sebuah quote dari mujahid  mesir, Sayyid Qutb rasanya patut menjadi renungan dan menjadi motivasi buat kita "Satu peluru hanya mampu menembus satu kepala, tetapi satu tulisan bisa menembus ribuan dan bahkan jutaan kepala"

Tentulah yang dimaksud Sayyid Quth tersebut adalah bahwa pengaruh tulisan itu luar biasa besar dan luas. Lihat saja buku Ihya Ulumiddin karya Imam Alghazali, buku yang terbit lebih seribu tahun yang lalu itu hingga kini terus dibaca dan mempengaruhi orang.

Nah, Harapannya semoga bapak ibu semua yang telah berhidmat melalui tulisan, segera menerbitkan buku,AAmin !

 Pak Markum sarapan malam,

Makan roti dengan bubur

Assalamualaikum, selamat malam

Kita riang, hati bersyukur.

 Kita besyukur karena malam ini adalah puncak pencapaian belajar menulis di gelombang 28.  Pertemuan ke-30, ibarat puasa, ini puasa terakhir dan besoknya kita lebaran. Lebaran penuh kebahagiaan karena  memanen segala kebaikan dari di kelas belajar menulis yang penuh hikma dan pelajaran.

 Baiklah bapak ibu, izinkan saya Muliadi dari Sulawesi, dua jam ke depan akan membersamai bapak ibu sebagai moderator  mendampingi Bapak Narasumber yang akan menyampaikan materi "Usaha Penerbitan Buku"

Menerbitkan buku merupakan salah satu mata rantai dari aktivitas menulis. Tulisan yang tersimpan begitu saja, tidak diterbitkan tentu akan kurang pengaruhnya baik bagi diri si penulis maupun orang lain. Penulisnya tidak dikenal, sedangkan  ide dan gagasan si penulis pun tidak tersampaikan.

Malam ini tema kita memang tentang Penerbitan buku, tetapi kita mungkin akan melihat dari sisi bisnis atau usahanya. Apa dan bagaimana usaha penerbitan buku itu?  semoga saya tidah menafsirkan tema malam ini.

Sebelum kita mulai, mari sama-sama kita berdoa seraya menundukkan kepala dan merendahkan hati semoga Allah swt memberikan kemudahan kepada kita semua menerima hikma dan ilmu yang disampaikan oleh narasumber, Amiin

Sebelum saya persilakan narasumber, sebaiknya bapak menyiapkan dan mengecek kembali perlengkapan yang diperlkan:

1. laptop atau HP

2. Baterai, cek apakah sudah penuh

3. Colokan

Adapun Narasumber hebat kita malam ini bernama 

Mukminin, S.Pd.,M.Pd. Lahir di Jombang, 6 Juli 1965. 

Lulusan SDN dan SMP Segodorejo  Sumobito 1979, 

Lulus SPN Jombang 1985,  

Lulus D2  IKIP NEGERI Surabaya th.1987.

Lulus S 1 IKIP PGRI Tuban 1998. 

Lulus S 2 UNISDA LAMONGAN 2012. Jurusan Bahasa dan Sarta Indonesia.

       Beliau sehari-hari berdinas sebagai guru di SMP I Kedungpring Lamongan sejak 1989-2021 (32 th) sampai sekarang.

Di dunia tulis menulis:, beliau telah menulis 6 buku solo, berikut bukunya:

1.  55 Pantun Nasihat  th.2020 penerbit Kelompok Majas Bojonegoro. 

2. Jurus Jitu Menjadi Penulis Handal Bersama Para Pakar.  Penerbit Kamila Press 2020. Merupakan buku terlaris.  

3. Kidung Hati ( Kamila Press Lamongan, 2021) 

4. LARON Kumpulan Puisi 2.0 ( KAMILA PRESS LAMONGAN, 2022) 

5. Nusantara Berpantun Antologi 65 Pantun Nasehat ( Kamila Press 2022). 

6. Dari Pengantar Jadi Buku ( Kamila Press 2022  

Selengkapnya bapak ibu dapat mengikutinya melalui tautan berikut: https://cakinin.blogspot.com/2020/10/curiculum-[20.30, 17/3/2023] +62 813-3094-4498: Pada malam ini sy akan berbagi pengalaman usaha penerbitan buku.

Sebelum saya sharing saya Sampaikan dulu bahwa saya alumni gel.8 belajar menulis PGRI tepatnya bulan Maret 2019. Asuhan Founder Bp. Wijaya Kusumah. Bersama Mayor Nani, Bu Noralia Purwa Yunita, Bu Aam Nurhasanah, Bapak Suharto ( Cing Ato), Bp Yulius Payendean, dan banyak lagi. Alhamdulilah gel.8 banyak yg menjadi nara sumber .

Silakan mampir dulu bapak ibu hebat dan mohon komentarnya semoga blog ini menjadi motivasi untuk bapak ibu guru yang masih muda. Terima kasih

https://cakinin.blogspot.com/2022/02/usia-56-tahun-aku-berkarya-dan.html

 Kamila Press lahir 9 September 2019

https://kamilapress.com/2023/03/02/80-pantun-nasihat-dari-manca-negara/[20.52, 17/3/2023] +62 813-3094-4498: https://kamilapress.com/2023/03/02/80-pantun-nasihat-dari-manca-negara/

 Ini Link buku sebagai  syarat mengajukan buku Ber-ISBN

Dengan lengkap seperti ini

 Ini syarat-syarat mengajukan no. Buku Ber-ISBN: 

1. Penerbit harus mempunyai Link berbayar 

2. Buku yang.diajukan no. ISBN harus dikirim lengkap ke Web Perpusnas :

a. Cover buku

b. Permohonan ISBN Buku ke Perpusnas Nasional oleh penanggung jawab penerbit (Direkturnya)

c. Surat Pernyataan Keaslian Karya bermaterei 10.000 dan ditandatangani penulis mengetahui penanggung jawab penerbit dg stempel peberbit

d.Naskah buku yg sudah dilayout bentuk PDF lengkap atau utuh satu buku harus diberi WATERMAK seperti  ini dan nama judul buku dan penerbit.

Menurut Moderator Tentu masih banyak pengalaman yang ingin kita dalami dari bapak Mukminin terkait dengan penerbitan buku, tetapi waktu jua yang harus membatasi kita, saat ini waktu ditempat saya telah menunjukkan pukul 10.29 , di indonesia timur berarti sudah pukul 11.29

 Jika ada pertanyaan lainnya, silahkan dijapri saja ke Cak inin atau ke saya nanti saya teruskan

Terimakasih Cak inin atas materinya malam ini, luar biasa, sangat menginspirasi, semoga semua peserta KBMN malam ini segera menyiapkan naska tulisannya dan kemudian di terbitkan di penerbit Kamila press

Adapun hasil kesimpulan akhir yang bisa saya simpulkan sebagai berikut

Menerbitkan buku ber-ISBN tidak sulit yang penting penuhi syarat-syaratnya, terutama untuk karya solo.

Untuk karya bersama atau antologi, ada pilihan QRCBN

Membuka usaha penerbitan tidak perlu memiliki usaha percetakan sendiri, tetapi kita bisa bekerja sama dengan pemilik usaha percetakan. Membuat usaha penerbitan juga tidak perlu modal besar, yang penting cukup

Jangan tebang kayu yang basah

Buat masak tak akan beres

Selamat jalan selamat berpisah

Semoga semuanya semakin sukses.

 Sekali terimakasih bapak ibu atas semua atensinya malam ini,

 Terimakasih bapak Mukminin, M.Pd atas semua pelajaran dan pengalaman yang diberikan, semoga semuanya bernilai pahala pada Allah swt

" DONE UNTUK RESUME 30 Nf" 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

ALUR PERCAKAPAN COACHING TIRTA