MENULIS BUKU AJAR

 

                                                      


 RESUME KE-19    PERTEMUAN KBMN KE-28

 HARI RABU,22 PEBRUARI 2023 

TEMA :  MENULIS BUKU AJAR

NARASUMBER : Dr. MUDAFIATUN M.PD

MODERATOR:  MUTMAINNAH

PENULIS RESUME : NURFATUH S.PD.SD


Jika ditanya apa profesi kita?" GURU. Begitu kata-kata itu kita ucapkan dengan rasa bangga. Sebuah profesi yang mulia. Salah satu pedoman kita saat di dalam kelas adalah BUKU AJAR. Tapi pernahkah terbersit dalam diri kita untuk membuat buku ajar sendiri? Buku yang kita sesuaikan dengan karakter, latar belakang, dan kemampuan siswa kita masing-masing. Di kelas malam ini kita akan belajar menjadi guru yang kreatif. Belajar menulis buku ajar. Bersama narasumber hebat, Penulis Buku Terbaik Perpusnas 2023. Yakin mau melewatkan begitu saja kesempatan emas ini. So stay tune nanti malam.

Alhamdulillah wa syukurillah pertemuan malam ini KBMN 28 merupakan pertemuan ke 19. Pada pertemuan ke-19 di Kelas Belajar Menulis Nusantara malam ini  akan belajar langsung bersama ibu narasumber yang luar biasa yaitu Ibu Dr.Mufidatun Isriyah,M.Pd. Beliau adalah seorang penulis dan asesor BAN PAUD Jawa Timur. Moderator yaitu Ibu Mutmainah.

Perlu kita fahami dan  ketahui bahwa bahan ajar adalah seperangkat materi yang disusun  secara sistematis baik terutulis ataupun tidak tertulis  sehingga dapat tercipta lingkungan dan suasana peserta didik yang memungkinkan untuk belajar. 

Bahan ajar merupakan segala bentuk  bahan yang digunakan untuk membantu guru/dosen dan mahasiswa/siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Bahan ajar bisa berupa bahan tertulis atau tidak tertulis. Sedangkan buku ajar adalah buku ilmiah berupa uraian materi pembelajaran yang di susun secara logis dan sitematis dengan bahasa yang lugas,digunakan dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran (pannen & Purwanto,2001).


Buku teks pada umumnya ditulis digunakan untuk dosen atau pembaca umum yang dipasarkan secara luas,tidak selalu menjelaskan  tujuan pembelajaran,disusun secara linier,strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu,tidak ada latihan bagi siswa/mahasiswa,tidak ada rangkuman,materi buku sangat padat,dikemas  untuk dijual secara umum,tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai dan memberikan petunjuk cara mempelajarinya sedangkan buku ajar sebaliknya.

Sahabat KBMN 28,Seberapa pentingkah buku ajar untuk pembelajaran? Buku ajar tentu sangat penting karena dengan adanya buku ajar  guru lebih banyak waktu untuk memberi bimbingan kepada mahasiswa/siswa,mahasiswa/siswa dapat belajar sekalipun tidak ada guru/dosen,mahasiswa/siswa dapat belajar kapan dan dimana saja,mahasiswa/siswa tidak terlalu tergantung kepada dosen/guru sebagai satu-satunya sumber informasi dan mahasiswa/siswa bisa belajar dengan kecepatan masing-masing sesuai dengan potensi.

Apa keuntungan buku ajar bagi guru/dosen? Keuntungan buku ajar bagi guru/dosen adalah sebagai promosi dan kenaikan pangkat,mendapatkan insentif,financial-royalti,eksistensi diri,media ekspresi,branding personal dan institusi, penguatan keilmuan dan lain-lain.

Bagaimana cara penyusunan buku ajar? Cara penyusunan buku ajar yaitu pertama penataan informasi. Cara ini guru atau dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah di susun. Kedua yaitu pengemasan kembali dimana guru atau dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalam RPS.Ketiga yaitu menulis sendiri.
     

KEUNTUNGAN BUKU AJAR BAGI GURU/DOSEN?

1. Promosi & Kenaikan Pangkat 

2. Mendapatkan insentif 

3. Finansial-Royalti

4. Eksistensi diri

5. Media Ekspresi

6. Branding Personal dan Institusi

7. Penguatan Keilmuan; dll. Eksistensi diri

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN ?

 

Guru adalah sebagai agen Aktivitas Pembelajaran

Guru adalah sbg Peneliti dan Pembelajar.

Pengalaman dan Kurikulum sebagai pegangan kita dlm menulis buku ajar.

Guru membuat RPS/Silabus

Desain pembeljaran sbg langkah awal untuk memulai.

semua mata pelajaran yg di desain itu sama dg ouline calon buku kita yang akan menghasilkan buku ajar, modul dan diktat.

 

Seorang guru juga sbg PENELITI? makan akan menghasilkan buku referensi, monograf, artikel ilmiah, ini bahan untuk mjd buku

 

JENIS - JENIS BUKU AJAR

 

1. BUKU AJAR, 

2. BUKU MODUL, 

3. DIKTAT, 

4. PETUNJUK PRAKTIKUM, 

5. NASKAH TUTORIAL

BUKU HASIL PENELITIAN/PEMIKIRAN

Antara lain menghasilkan: 

1. BUKU REFERENSI, 

2. MONOGRAF

 

BUKU AJAR  VS BUKU TEKS

 

Buku Ajar pada umumnya: 

1. Ditulis dan dirancang untuk digunakan siswa/mhs.

2. Menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun berdasarkan pola belajar yang fleksibel.

4. Strukturnya berdasarkan kompetensi yang akan dicapai.

5. Ada pemberian kesempatan latihan bagi mahasiswa.

6. Selalu memberikan rangkuman. 

7. Kepadatan berdasarkan kebutuhan mahasiswa

8. Dikemas untuk digunakan dalam pembelajaran.

9. Mempunyai mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari mahasiswa.

10.Mencantumkan petunjuk penggunaan buku ajar.

 

Buku Teks pada umumnya:

1. Ditulis terutama untuk digunakan dosen atau pembaca umum, dipasarkan secara luas.

2. Tidak selalu menjelaskan tujuan pembelajaran. 

3. Disusun secara linier. 

4. Strukturnya berdasarkan logika bidang ilmu (content).

5. Belum tentu memberikan latihan bagi mahasiswa.

6. Belum tentu ada rangkuman.

7. Materi buku teks sangat   

8. Dikemas untuk dijual secara umum.

9.Tidak ada mekanisme untuk mengumpulkan umpan balik dari pemakai. 

10.Tidak memberikan petunjuk cara mempelajarinya.

 

CARA PENYUSUNAN BUKU AJAR

 

1. PENATAAN INFORMASI (compilation text)

Guru/Dosen melakukan kompilasi bahan dari berbagai sumber yang telah beredar di pasaran berdasarkan RPS yang telah disusun

 

2. PENGEMASAN KEMBALI (information repackaging)

Guru/Dosen melakukan pengemasan kembali dari sumber-sumber yang telah ada disesuaikan dengan kebutuhan kompetensi yang ingin dicapai dalah RPS

 

3. MENULIS SENDIRI (starting from scratch)

Guru/Dosen menulis sendiri berdasarkan kepakarannya berdasarkan RPS mata kuliah yang diampu

 

PRINSIP-PRINSIP PEMILIHAN MATERI BUKU AJAR

 

1. PRINSIP RELEVANSI

Materi pembelajaran hendaknya ada hubungannya dan memberikan kontribusi bagi upaya pencapaian capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Misalnya, jika kemampuan yang diharapkan dikuasai mahasiswa berupa menghafal fakta, maka materi pembelajaran yang diajarkan harus berupa fakta.

 

2. PRINSIP KONSISTENSI/KEAJEGAN

Materi pembelajaran harus konsisten dengan kemampuan akhir yang ingin dicapai, baik dari segi jumlah materi maupun dari taksonominya. Jika kemampuan akhir yang harus dikuasai mahasiswa empat macam, maka materi buku ajar yang harus dikembangkan juga harus meliputi empat macam

 

3. PRINSIP KECUKUPAN

Materi yang diajarkan hendaknya cukup memadai dalam membantu mahasiswa menguasai kemampuan akhir yang diharapkan. Materi tidak boleh terlalu sedikit dan tidak boleh terlalu banyak. Jika terlalu sedikit akan kurang membantu mencapai capaian pembelajaran mata kuliah dan kemampuan akhir. Sebaliknya, jika terlalu banyak akan membuang-buang waktu dan tenaga yang tidak perlu untuk mempelajarinya.

 

SISTEMATIKA BUKU AJAR

 

Biasanya tergantung dari penerbit, tetapi kita sbg seorang guru juga memiliki kesiapan unt menata outline buku kita sendiri yaitu: BAB 1 Pendahuluan

Penyajian

Penutup

Daftar Pustaka

Senarai (glossary)

 

Tinjauan Mata Pelajaran : Prakata  

@ Petunjuk Penggunaan Buku Ajar bagi Mahasiswa 

@ Identitas Mata Kuliah 

@ Deskripsi Singkat Isi Buku Ajar 

@ Kegunaan Mata Kuliah bagi Mahasiswa 

@ Capaian Pembelajaran Mata kuliah

 

2. BAB I 

Kemampuan Akhir 

Indikator 

Pendahuluan, terdiri dari: 

@ Deskripsi singkat berupa gambaran umum tentang cakupan bab tersebut.  

@ Relevansi antara bab tersebut dengan pengalaman yang telah dimiliki mahasiswa atau manfaat bagi mahasiswa.

 

Penyajian:     

@Uraian atau penjelasan materi (sesuai dengan jenis materi) dan diikuti dengan contoh-contoh. 

@ Ilustrasi yang sesuai dengan uraian materi. 

@ Tugas dan Latihan yang dilakukan mhs setelah membaca uraian materi. 

@Rangkuman/ringkasan dari konsep atau prinsip yang dibahas.

 

Penutup, terdiri dari:   

 @ Penilaian, konsisten dengan rumusan indikator dan Kemampuan Akhir. 

@ Umpan balik, untuk dapat menilai sendiri hasil belajarnya (kunci jawaban tes). 

@ Tindak lanjut.

 

DAFTAR PUSTAKA 

SENARAI, berupa daftar istilah teknis yang dianggap penting dan perlu dijelaskan. 

DAFTAR INDEX (jika diperlukan). DONE.NF

 








Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

ALUR PERCAKAPAN COACHING TIRTA