BUKU CERITA DIGITAL


Resume ke : 16
Gelombang ke- 28  KBMN PGRI KE- 28
Tanggal : 13 Pebruari 2023
Tema : Menulis Buku Cerita Digital
Narasumber : Nur Dwi Yanti,S.Pd
Moderator : Dail Ma'ruf,M.Pd
PENULIS RESUME : NURFATUH S.PD.SD




           ALHAMDULILLAH.. Malam ini materinya di berikan melalui zoom meeting ,materi BM28 malam ini bertema menulis buku cerita digital dengan Narasumber  ibu NUR DWI YANTI S.PD dan moderator bpk DAIL MA'RUF M.PD.

 Pengertian  buku digital itu apa sih ?

Buku digital adalah buku bacaan berbentuk softfile, buku ini bisa dalam bentuk pdf, Buku digital juga disebut dengan ebook. Ebook adalah  buku terbitan yang disediakn dalam bentuk digital; terdiri dari teks dan gambar yang dibaca di layar komputer, laptop, atau perangkat elektronik lainnya

Keberadaan buku digital atau buku elektronik memberikan kemudahan kepada pembaca karena dapat dibuka kapan saja dan di mana saja. Dengan mengandalkan gawai yang dimiliki, pembaca dapat membaca buku yang diperlukan. Di samping itu buku digital juga memberikan kenyamanan kepada pembaca karena tidak harus membawa buku ke mana mana. Artinya buku elektronik atau e-book memilki keunggulan lebih praktis dan lebih efesien dibandingkan buku dalam bentuk kertas.



Adapun yang merupakan fungsi dan  Manfaat dari   Buku Digital adalah sebagai berikut 

Sebagaimana kita ketahui fungsi dan manfaat e-book sama saja dengan buku konvensional, sebagai jendela dunia. Buku elektronik merupakan media informasi, sumber pembelajaran, dan media untuk menuangkan ide bagi penulis.

Walaupun buku-buku  itu memiliki banyak nama, semuanya memiliki misi yang hebat. Selain sebagai alat informasi,  buku digital menawarkan banyak pesan dan informasi kepada pembacanya. Sebagai pembawa informasi, sudah pasti  buku ini  secara tidak langsung juga menjadi sarana pengajaran. 

   Sebagai media  pembelajaran Buku bertanggung jawab membuka wawasan dan menambah pengetahuan baru bagi pembacanya. Terutama buku teks pelajaran. Buku ini juga menjadi referensi utama untuk pengajaran di kelas, khususnya untuk buku-buku  digital berjenis buku ajar. 

Beragamnya buku dan judul. Buku digital bukan hanya sekedar buku pelajaran atau buku referensi. Namun banyak juga e-book yang fokus pada percakapan bisnis. Buku-buku yang memuat topik bisnis semacam itu dapat digunakan sebagai media bisnis dan meningkatkan kualitas pelaksanaan proyek bisnis apa pun.

Buku sebagai media Informasi

Adapun buku Sebagai media informasi,misalnya  buku elektronik menyajikan informasi hampir tanpa batas. Informasi itu dapat berupa ilmu pengetahuan, peristiwa di berbagai belahan bumi, tentang kehidupan sosial budaya, sejarah, dan sebagainya. Sebagai media informasi yang memberikan kemudahan, buku elektronik atau digital dapat disebarkan melali e-mail, website, blog seorang penulis, aplikasi pesan instan, fitur pesan di media sosial, dan aplikasi lain tanpa melibatkan jasa ekspedisi.

Seiring adanya Perkembangan teknologi digital membuat rancangan desain buku digital didesain dalam bentuk yang lebih menarik, lebih unik, dan atraktif. Hal ini membuat pesan yang disampaikan lebih mudah dipahami pembaca. Adanya aplikasi, tool, dan feature memungkinkan buku digital menyertakan informasi dalam bentuk gambar, desain grafis, maupun video dan bentuk lainnya.

Buku sebagai  sarana media Pembelajaran

Sejenis dengan buku konvensional, buku digital juga berfungsi sebagai media pembelajaran. Saat ini sudah sudah banyak buku pelajaran yang telah dibuat dalam versi digital. Tidak saja buku pelajaran, buku penunjang juga versi digital juga bertebaran di berbagai situs yang daoat diakses secara gratis.


Satuan pendidikan  bahkan dapat membuat buku digital sendiri sebagai sumber dan media pembelajaran. Dengan berbekal keterampilan menggunakan teknologi digital, guru dapat membuat buku atau modul ajar sendiri sesuai dengan potensi murid dan kebutuhan murid . Hal ini menjadikan buku digital lebih menarik dan lebih relevan dengan kondisi sekolah sehingga proses pembelajaran akan lebih menarik karena materinya lebih faktual dan kontekstual.

Buku sebagai media alat  mengungkapkan gagasan  baru

Buku elektronik  merupakan media paling efektif untuk menuangkan ide melalui tulisan. Setiap orang memiliki potensi untuk melahirkan gagasan atau ide baru melalui tulisan. Keberadaan aplikasi e book memungkinkan seorang penulis dapat mengungkapkan ide dan gagasannya dengan mudah. Penulis dapat mempublikasikan tulisannya dengan cepat tanpa melibatkan penerbit, yang berarti tanpa mengeluarkan biaya cetak.

Keberadaan buku elektronik menjadikannya sebagai media untuk mengungkapkan ide baru dengan cara yang lebih bersahabat. Penulis dapat menerbitkan karyanya secara mandiri. hasil karyanya jug adapat dipasarkan atau dijual secara mandiri. Sejuah ini jasa penerbit kebanyakan dipakai sebagai jalur untuk memndapatkan ISBN saja. 


Buku  Sebagai  sarana media bisnis

Banyak perusahaan menggunakan buku elektronik sebagai media branding dan mempromosikan produk barang dan jasa. Hal ini karena buku digital lebih mudah untuk dibuat dan desainnya bisa dibuat secara menarik dan disesuaikan dengan konsep perusahaan. E book biasanyat berisi profil perusahaan, jenis produk yang disediakan, syarat dan ketentuan pembelian, sampai garansi, dan sebagainya.

Kebanyakkan dari profil perusahaan itu ditampilkan secara detail. Profil itu dipajang di website perusahaan dan dapat diakses secara gratis kepada para pengunjung. Buku digital bisa juga diberikan secara gratis kepada pelanggan yang sudah melakukan pembelian. Melalui buku elektronik memungkinkan perusahaan menyampaikan edukasi mengenai tentang manfaat produk yang dihasilkan dan penggunaan sebagai nilai tambah.

Manfaat  Buku  Digital 

 Digital Book  memiliki fungsi yang lebih praktis dibandingkan buku berbasis kertas. Fornula buku elektronik dalam bentuk softcopy membuatnya tidak memerlukan raung penyimpanan secara fisik. Buku digital cukup disimpan dalam perangkat digital seperti, smartphone, flashdisk, hardsidk, drive, atau cloud. 

Keberadaan buku elektronik juga membuat pembaca tidak memerlukan ruang penyimpanan fisik. Bahkan nir-ruang (tanpa ruang). Buku-buku itu tidak memerlukan lemari, rak, atau ruang tertentu untuk menyimpan koleksi buku

mudah di akses , praktis dan hemat ruang,cukup bermodal smartphone atau gawai tanpa terikat ruang dan waktu. Hal yang perlu diperhatikan tentu saja perangkat yang digunakan harus sudah terpasang aplikasi untuk membuka format buku elektronik tersebut. Misalnya, untuk membaca buku PDF, smartphone harus dilengkapi dengan pembaca PDF (PDF reader). 

Buku elektronik kini mudah didapatkan dan dimiliki, karena bisa didapatkan di website, marketplace, media sosial, dan sebagainya. Sebagian besar bersifat gratis

Keunggulan lain dari ebook yaitu ekonomis. Buku ini menawarkan dua versi, yakni versi gratis dan berbayar. Buku elektronik gratis yang bisa didapatkan di berbagai media. Ipusnas, misalnya, merupakan sebuah aplikasi yang diluncurkan, Badan Perpustkaan Nasioanl yang menghadirkan buku-buku berkualitas dan gratis.


 Kelemahan dari buku digital adalah memerlukan perangkat. Buku elektronik tidak dapat diakses tanpa menggunakan perangkat gawai. Maka buku ini hanya dapat digunakan oleh pembaca yang memiliki perangkat digital.

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa perangkat elektronik memberikan dampak pada kesehatan seseorang. Perangkat digital dapat menimbulkan radiasi tertentu yang berakibat pada kesehatan mata. Hal ini membuat pembaca disarankan menggunakan kacamata antiradiasi sebagai pelindung. Menatap layar gawai terlalu lama juga dapat membuat mata kering dan cepat lelah. 

Perangkat elektronik memerlukan listrik sebagai sumber energinya. Oleh karena itu, listrik menjadi salah satu kelemahannya. Tanpa listrik perangkat tdiak akan dapat berfungsi. Hal ini bermuara pada kontribusi tagihan listrik meningkat. 

Kemudahan menerbirkan buku dalam formula digital juga berakibat rentannya terhadap pembajakan. ketika seorang pembeli mendapatkan buku secara utuh, ada kemungkinan pembeli untuk menjualnya kembali kepada orang lain dengan harga yang lebih murah.

Aplikasi dan Buku Digital berbasis Web.

Aplikasi Performatan Buku Digital sudah berkembang sangat pesat. Perkembangan ini membuat seseorang memiliki banyak pilihan aplikasi yang dapat digunakan.

Aplikasi tersebut adalah sebagai berikut

Sigil merupakan sebuah software editor untuk EPUB (Electronic publication) yang bersifat open source. https://sigil-ebook.com/
Scribus, Aplikasi ini juga sudah banyak digunakan di berbagai OS Komputer.
https://www.scribus.net/downloads/
Aplikasi pengolah kata yaitu Libre Office atau MS Office;
Aplikasi pengolah gambar yaitu IbisPaint atau Adobe Photoshop;
Aplikasi audio editor yaitu Audacity/format factory;
Aplikasi video editor yaitu Avidemux/format factory;

ALHAMDULILLAH DONE Resume 16 ,14 pebruari 2023.




 



 

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU