DAY 15, PEBRUARI CERIA 15
MEDIO - RABU , 15 PEBRUARI 2023
Dokumen prib.
Sebagai Pengajar Praktik Angkatan 3 yang sudah masuk dan terlibat menjalankan program PGP Angk 3 kami di berikan kesempatan kembali oleh Direktorat Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek untuk kembali di berikan tugas mengikuti kegiatan penguatan materi untuk program pendidikan guru penggerak angkatan 6 .Alhamdulillah kegiatan penguatan dan pembekalan ini berlangsung 15 hari dengan dibersamai oleh instruktur Nasional yang sangat hebat dan luar biasa ilmunya .Belajar daring dalam kelompok PGP angkatan 6 adalah sesuatu yang sangat membahagiakan karna ilmu dan penguatan dari Narasumber sangat mantaap .Adapaun salah satu materi penguatnnya adalah :
Coaching untuk Supervisi Akademik.
Saya bersama teman teman PP dari Daerah Kalimantan Barat berdiskusi dalam kelompok melalui G-Meet break room 2 dengan pembahasan coaching untuk supervisi akademik ,
Dok.Pri NF
CAPAIAN MODUL YANG DIHARAPKAN :
Secara umum, capaian modul ini adalah peserta mampu:
memiliki paradigma berpikir coaching dalam berkomunikasi dalam rangka mengembangkan kompetensi rekan sejawat; menerapkan praktik komunikasi memberdayakan dengan menggunakan paradigma berpikir dan prinsip coaching; melakukan percakapan berbasis coaching dalam komunitas sekolahnya untuk mengembangkan kompetensi rekan sejawat
Setelah mempelajari modul ini, peserta diharapkan menjadi guru penggerak yang mampu: menjelaskan konsep coaching secara umum; membedakan coaching dengan pengembangan diri lainnya, yaitu mentoring, konseling, fasilitasi, dan training; menjelaskan konsep coaching dalam dunia pendidikan sebagai pendekatan pengembangan kompetensi diri dan orang lain (rekan sejawat); menjelaskan paradigma berpikir coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi; menjelaskan prinsip-prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan untuk pengembangan kompetensi; mengaitkan antara paradigma berpikir dan prinsip-prinsip coaching dengan supervisi akademik; membedakan antara coaching, kolaborasi, konsultasi, dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sejawat; melakukan percakapan coaching dengan alur TIRTA; mempraktikkan tiga kompetensi inti coaching: coaching presence, mendengar aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching; menjelaskan jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah, dan melakukan kalibrasi; memberikan umpan balik dengan paradigma berpikir dan prinsip dan coaching; mempraktikan rangkaian supervisi akademik yang berdasarkan paradigma berpikir coaching.
|
PEMBEKALAN CALON PENGAJAR PRAKTIK PROGRAM GURU PENGGERAK ANGK.6
ALUR BELAJAR | AKTIVITAS CGP | TAGIHAN CGP |
Mulai dari Diri | CGP merefleksikan pengalaman dan perasaan saat disupervisi oleh pimpinan CGP merefleksikan pengalaman mensupervisi rekan sejawat (jika pernah) CGP merefleksikan makna supervisi bagi pengembangan profesi sebagai seorang pendidik.
| |
Eksplorasi Konsep | Interkoneksi Modul 2.3 - 2.1 CGP Menonton Video Tentang Coaching CGP Menonton Video Perbedaan coaching dengan Mentoring, Fasilitas, Konseling, dan Training CGP menerapkan Konsep coaching secara umum dan coaching dalam konteks pendidikan
Interkoneksi Modul 2.3 - 2.2 Paradigma Berfikir dan Prinsip Coaching, dimana CGP : Menjelaskan Paradigma berpikir dan prinsip coaching dalam komunikasi yang memberdayakan Menjelaskan prinsip coaching dalam dalam komunikasi yang memberdayakan Mengaitkan antara paradigma berfikir dan prinsip coaching, dengan supervisi akademik CGP dapat membedakan antara coaching, kolaborasi, konsultasi dan evaluasi dalam rangka memberdayakan rekan sejawat.
Interkoneksi Modul 2.3 - 2.3 CGP dapat melakukan percakapan coaching dengan alur TIRTA CGP dapat mempraktikkan 3 kompetensi inti coaching, presence, mendengarkan aktif, dan mengajukan pertanyaan berbobot dalam percakapan coaching CGP dapat menjelaskan jalannya percakapan coaching untuk membuat rencana, melakukan refleksi, memecahkan masalah dan melakukan kalibrasi
Interkoneksi Modul 2.3 dan 2.4 (Supervisi akademik dan pola berfikir coaching) | Isian lembar catatan percakapan pra observasi kelas dalam bentuk write note Isian lembar catatan percakapan pasca observasi Isian lembar rencana pengembangan diri Praktik Caoching bersama dengan Kepala Sekolah, dan rekan sejawat
|
Ruang Kolaborasi | CGP Melakukan kegiatan virtual meeting Ruang Kolaborasi berlatih melakukan praktik percakapan coaching dengan alur TIRTA. sesi latihan (2.3. a.5.1) CGP melakukan kegiatan virtual meeting Ruang Kolaborasi percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP sesi Praktik (2.3.a.5.2)
| Unggahan Tugas Kolaborasi percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP (2.3.a.5.3) dalam bentuk video ke LMS |
Demonstrasi Kontekstual | CGP membentuk komunitas praktisi dengan sesama CGP untuk berlatih melakukan praktik percakapan coaching dengan alur TIRTA. (2.3.a.6) CGP mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP (2.3.a.7) CGP melakukan virtual meeting dengan tema mempraktikkan alur percakapan coaching TIRTA dan melakukan refleksi terhadap praktik percakapan coaching yang telah dilakukan dengan sesama rekan CGP (2.3.a.7)
| Unggahan video coaching ke Google Drive. |
Elaborasi Pemahaman | Melakukan refleksi terbimbing dengan menuliskan pertanyaan-pertanyaan yang masih dimiliki terkait dengan coaching di LMS Berdiskusi untuk mengelaborasi pemahaman CGP bersama instruktur secara virtual mengenai konsep coaching dalam konteks pendidikan, khususnya pada ranah supervisi akademik
| Pertanyaan terkait coaching ke dalam blog Presentasi daftar pertanyaan terkait coaching, alur tirta dan supervisi akademik
|
Koneksi Antar Materi | Membuat kesimpulan dan refleksi yang disajikan dalam bentuk media informasi berupa artikel, ilustrasi, grafik, video, rekaman audio, screencast presentasi, artikel dalam blog dan lainnya. Mengunggah media media informasi yang telah dibuat ke dalam Membaca pertanyaan-pertanyaan yang dapat membantu membuat keterkaitan materi yang diperoleh di paket modul 2 Mengunggah tautan media informasi pada laman LMS
| Kesimpulan dan refleksi coaching dan melakukan unggahan tautan media informasi ke dalam google drive/youtube pribadi
|
Aksi Nyata | Mempraktikkan rangkaian supervisi akademik dengan menggunakan paradigma berpikir coaching dan melakukan refleksi terhadap praktik supervisi akademik tersebut | Unggahan dokumen lembar catatan pra obersavasi kelas, pelaksanaan observasi kelas, lembar catatan pasca observasi kelas, lembar rencana pengembangan diri dan lembar refleksi diri latihan coaching ke dalam LMS
|
DEMIKIAN LANGKAH COAGHING SUPERVISI AKADEMIK.
NF.14022023
semoga berkah😊
BalasHapusBermanfaat 👍👍
BalasHapusIya Bu Ovi ..Alhamdulillah 🌹
Hapus