MENGENAL PLATFORM BELAJAR LEARNING MANAGAMENT SISTEM ( LMS )

       

      DAY 18. FEBRUARI CERIA 

       SABTU,18 FEBRUARI 2023

                                                                  Dok .Pri NF KSP 1

         Di awal penyelenggaraan Program Pendidikan Sekolah Penggerak  Angkatan 1 , Kami Kepala Sekolah dan unsur yang tergabung dalam komite pembelajaran sekolah di berikan Pendidikan dan pelatihan yang Runtut tentang materi yang berkaitan dengan penyeleggaraan sekolah Penggerak .

Komite Pembelajaran Sekolah terdiri dari Pengawas Pembina , Kepala Sekolah ,guru kelas 1 , guru kelas 4 ,guru mata pelajaran PAI dan Guru mata pelajaran PJOK . Bimtek atau Diklat masing masing kelompok Yang tergabung dalam komite pembelajaran sekolah ini dilaksanakan selama sepuluh hari dengan instruktur nasional dari Kemendikbud ristek , Sebagai Penanggung Jawab Kegiatan Sekolah Penggerak Angkatan 1 tahun 2021 untuk wilayah NUSA TENGGARA BARAT, SUMATRA BARAT ,SUMATRA SELATAN DAN BENGKULU  adalah P4TK TK/PLB BANDUNG JAWA BARAT . Sehingga saya dan teman teman peserta dari 4 provinsi tersebut tergabung dalam satu ruang google Meeting baik dalam menerima materi baru sekolah penggerak maupun dalam ruang diskusi dan presentasi kelompok.Alhamdulillah langkah awal yang sangat membuat saya bersemangat karna di angkatan 1 ini merupakan angkatan yang sangat special .Di seluruh  Indonesia saja Kepala Sekolah yang mampu lolos seleksi hanya dua ribu lima ratus orang mulai dari   kepala TK.SD,SMP ,SMA DAN SMK ..INI adalah prestasi yang sangat luar biasa . Saya adalah salah satu kepala sekolah angkatan satu yang merupakan bagian dari dua ribu lima ratus orang tersebut .Di daerah saya sendiri Kota Bima NTB Kepala Sekolah Dasar yang lulus hanya kami bertiga dari 81 SD yang ada , Sebuah anugerah terindah DARI SANG PENCIPTA Allah SWT.

Salah satu Alur pembelajaran yang di gunakan dalam diklat pembelajaran program sekolah penggerak adalah melalui Learning Managament Sistem ( LMS ). SINKROUNOUS DAN ASINKRONOUS 

Apa itu LMS?

@ Kegiatan pelatihan online tidak dapat dipisahkan dari Learning Management System (LMS), yaitu aplikasi perangkat lunak untuk pembelajaran online, dokumentasi, administrasi, pelacakan, pelaporan, pengelolaan kelas dan program pembelajaran elektronik (e-learning program), serta manajemen konten dari pelatihan.

@ Penggunaan LMS atau sistem manajemen pembelajaran memusatkan pada penyampaian konten materi pembelajaran pada lingkungan belajar online. 

@ Pelatihan jarak jauh berbasis web biasanya disampaikan melalaui LMS yang memiliki jangkauan yang luas, yang telah menjadi bagian dari lingkungan pengajaran dan pembelajaran secara online.

Model dan Prinsip Pembelajaran:

Model Pembelajaran 

Model pembelajaran Flip

Struktur pelatihan harian:

Model atau strategi pembelajaran flip classroom adalah membalik aktivitas pembelajaran, yakni peserta diawali untuk membaca materi, menonton video pembelajaran sebelum mereka melakukan pertemuan di kelas (baik tatap muka atau web meeting), pada aktivitas ini, mereka mulai berdiskusi, bertukar pengetahuan, menyelesaikan masalah, dengan peserta lain secara kolaboratif pada kegiatan Asynchronous, kemudian pada kegiatan Synchronous peserta akan diberikan penguatan pemahaman terkait substansi materi, konfirmasi pembelajaran, dan refleksi dari pembelajaran yang difasilitasi oleh fasilitator pada kegiatan synchronous melalui web meeting .

Pola Pembelajaran:

Pola pembelajaran yang akan diterapkan pada kegiatan pembelajaran PPB online adalah Pembelajaran per hari, dimana para peserta akan disajikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.
Berikut gambaran pola pembelajaran yang disajikan 

Pemblajaran hari ke -   1   2   3   4   5   6   7   8   9   10  


Angka yang disajikan merepresentasikan pembelajaran hari ke berapa, mulai hari ke-1 s.d. hari ke-10. 
Kegiatan yang dilaksanakan akan berbeda setiap harinya disesuaikan dengan struktur pelatihan
Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap harinya terdiri dari kegiatan sinkronous dan Asinkronous.
Untuk berpindah hari, Anda cukup melakukan klik pada tombol hari dari 1 s.d. 10

Pola pembelajaran yang akan diterapkan pada kegiatan pembelajaran PPB online adalah Pembelajaran per hari, dimana para peserta akan disajikan serangkaian kegiatan yang harus dilakukan setiap harinya.
Berikut gambaran pola pembelajaran yang disajikan


Angka yang disajikan merepresentasikan pembelajaran hari ke berapa, mulai hari ke-1 s.d. hari ke-10. 
Kegiatan yang dilaksanakan akan berbeda setiap harinya disesuaikan dengan struktur pelatihan
Kegiatan yang akan dilaksanakan setiap harinya terdiri dari kegiatan sinkronous dan Asinkronous.
Untuk berpindah hari, Anda cukup melakukan klik pada tombol hari dari 1 s.d. 10


Pada aktivitas asynchronous peserta 
@ membaca materi, menonton video pembelajaran sebelum mereka datang mengelaborasi pemahaman dengan fasilitator di kelas virtual dan mereka mulai berdiskusi, bertukar pengetahuan, menyelesaikan masalah, dengan peserta lain
@ Aktivitas menjawab pertanyaan Reflektif 
@ Aktivitas mempelajari materi dan berdiskusi materi dengan peserta lain
@ Aktivitas kolaborasi di kelompok dengan peserta lain
@ Aktivitas mengerjakan tugas mandiri dan menggungah tugas
@ Aktivitas refleksi di blog
@ Aktivitas menjawab pertanyaan pada quis

Aktivitas asynchronous menjawab pertanyaan reflektif .

Pada kegiatan ini peserta mengingat serta merefleksikan kembali pengalaman pribadi sebagai pendidik di sekolah dengan menjawab beberapa pertanyaan yang bisa memandu untuk berefleksi.
Hal-hal yang diperhatikan:
@ Klik tombol Answer the question untuk memulai menjawab pertanyaannya.
@ Apabila aktivitas ini terkendala pada saat pengisian  seperti ketika mengisi ada kegiatan lain, Anda dapat menyimpan pertanyaan yang telah dijawab dengan mengklik tombol save,  kemudian apabila ingin melanjutkannya silahkan klik resume questionaire, maka anda meneruskan aktivitas menjawab pertanyaan selanjutnya.
@ Klik tombol Submit questionnaire  untuk mengirimkan jawaban
Ketika sudah di submit jawaban tidak bisa diedit kembali
@ apabila ingin melihat jawaban yang telah disubmit klik your response
mensimulasikan aktivitas ini, 
@ klik tombol Answer the question 
Simulasikan di LMS pada kegiatan 1.2.b.1. Simulasi aktivitas 1
Aktivitas asynchronous mempelajari materi dan berdiskusi materi dengan peserta lain

@ Konten Pembelajaran (content Page) merupakan suatu fasilitas yang digunakan untuk menyampaikan konten dan atau variasi kegiatan pembelajaran pada PPB.
@ Aktivitas berikutnya yang digunakan pada platform belajar LMS ini adalah halaman konten.
@ Konten dirancang sedemikian rupa sehingga fasilitator dan peserta dapat mempelajari materi mengikuti standar kegunaan dan aksesibilitas. 
@ Konten bisa memuat teks, gambar, multimedia, dan lain-lain. 
@ Konten akan disebar dalam beberapa halaman, sehingga dalam mempelajari materi tidak menjadi sesuatu yang melelahkan. 
@ Klik tombol navigasi yang ada di bagian atas dan bawah konten untuk menuju ke halaman lain.
@ Pada konten ini juga peserta dapat memberikan catatan publik atau pribadi pada kolom NOTE AND QUESTIONS, dimana peserta dapat memberikan catatan/pertanyaan dan atau membalas komentar dari rekan lain di setiap konten yang dipelajari. 
@ Pada pelatihan ini, kolom NOTE digunakan sebagai alat bagi peserta untuk menjawab pertanyaan. Peserta juga dapat me-like jawaban/catatan dari peserta lain.
@ Simulasikan di LMS pada kegiatan 1.2.b.2. Simulasi aktivitas 2 


 Aktivitas asynchronous kolaborasi di kelompok dengan peserta lain:



Aktivitas asynchronous mengerjakan tugas mandiri dan menggungah tugas:


@ Aktivitas berikutnya yang digunakan pada platform belajar LMS ini adalah Penugasan. 
@ Pada aktivitas ini, Anda diminta mengirimkan penugasan sesuai dengan informasi yang disajikan.
@ Tugas yang dikirimkan dapat berbentuk Online text dan atau Pengiriman file.
@ Untuk mengirimkan tugas, Anda dapat meng-klik tombol Add submission/Pengiriman penugasan yang ada di bagian bawah halaman ini.
@ Untuk memastikan tugas Anda sudah terkirim atau belum, Anda dapat mengecek di bagian bawah pada kolom File submission. Jika pada kolom tersebut sudah muncul file/teks yang dikirimkan, berarti dapat dipastikan tugas yang dikirimkan sudah berhasil. 
@ Jika Anda ingin merevisi tugas yang dikirimkan, Anda dapat meng-klik tombol Edit submission. 
@ Jika Anda melihat Rubrik yang muncul pada halaman ini, hal itu menunjukkan bahwa tugas Anda akan dinilai sesuai rubrik yang telah disediakan.

Aktivitas asynchronous refleksi di blog :

@ Aktivitas ini mirip dengan Blog pada umumnya yang dapat dikelola oleh individu dan merupakan kumpulan pemikiran, refleksi, informasi, dan lain lain. Seperti Blog biasanya, pada aktivitas ini Anda dapat menggabungkan teks, gambar, dan tautan ke blog lain, halaman web, dan media lain yang terkait dengan topiknya.

@ Salah satu fitur yang menarik adalah komentar. Anda dapat melihat tulisan yang sudah dibuat oleh peserta lain dan memberikan komentar positif. Dengan melihat tulisan blog peserta lain dan saling berkomentar akan membentuk pengetahuan yang lebih luas dan membangun koneksi sosial antar peserta. 

Aktivitas asynchronous refleksi di blog : 

Hal-hal yang diperhatikan di blog

@ Klik New Blog Post 
@ Pertanyaan/refleksi/tugas akan ada pada intro ketika anda mengklik new blog post
@ tuliskan judul tulisan pada title/judul
@ tuliskan jawaban pada kolom message/pesan
@ klik add post untuk mengirimkan tulisan
@ Klik reply pada tulisan peserta lain untuk melihat dan memberikan komentar
@ Simulasikan di LMS pada kegiatan 1.2.b.5. Simulasi aktivitas 5


Aktivitas asynchronous menjawab pertanyaan pada quiz

Quiz merupakan suatu fasilitas yang terdapat pada PPB untuk mengetahui sejauh mana pemahaman peserta terkait materi, 
Hal-hal yang harus diperhatikan
Kesempatan mengikuti quiz 1 kali
Kuis tes awal/tes akhir diberikan rentang jadwal dengan jangka waktu tertentu. 
Peserta yang mengerjakan tes awal/tes akhir  diluar jadwal tidak bisa mengikuti tes
Peserta yang melewati waktu yang ditentukan tetapi sudah mengisi jawaban tersimpan di LMS
Selain menjawab pertanyaan, peserta diminta untuk mencermati feedback setelah mengikuti quiz 
Klik Attempt Quiz untuk memulai aktivitas


Synchronous  :


Kegiatan synchronous merupakan aktivitas mengelaborasi pemahaman dengan fasilitator dengan memberikan penguatan pemahaman terkait substansi materi, konfirmasi pembelajaran, dan refleksi dari pembelajaran yang didapat pada aktivitas mandiri di asynchronous. 
Aktivitas synchronous dilakukan di kelas virtual melalui web meeting
Aplikasi web meeting yang digunakan adalah GMeet (Google Meet)

Aktivitas synchronous dengan GMeet:

Aktivitas pembelajaran menggunakan google meet (   ) ini digunakan untuk melakukan kelas virtual, salah satunya digunakan pada aktivitas 

Due date  : 

PENILAIAN                                                                                                                                

@ Kehadiran pada sesi synchronous
@ Partisipasi aktif pada setiap kegiatan synchronous dan Ruang Kolaborasi
@ Ketuntasan tugas di semua aktivitas
@ Umpan balik terhadap hasil pekerjaan rekan sejawatnya
@ Keterampilan memfasilitasi
@ Tes
 

DONE , 
SABTU , 18 FEBRUARI 2023
NF .
























Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU