KAMIS SEMARAK BUDAYA BAKTI CERIA MALAJU DI SEKOLAHKU

  PEBRUARI CERIA  HARI KE-2

  KAMIS,2 PEBRUARI 2023



Program Sekolah Penggerak di Sekolah ku SDN 28 MELAYU KOTA BIMA 
tidak pernah terlewatkan dan berhenti untuk terus di galakkan dan di viralkan . Kamis adalah hari di mana Branding sekolah SABDA U'A PUA MALAJU  yaitu BAKTI CERIA MALAJU melakukan aksi nyatanya yaitu Kegiatan Bimbingan  dan nasehat diri ,yang di kemas dengan berbagai kegiatan di halaman sekolah satu jam sebelum pelajaran di mulai . 
.DENGAN AKRONIM sederhana bahasa Indonesia yang baik dan benar 'Bimbingan Karakter Terpuji yang Cerdas ,Religius ,inovatif dan berakhlak Mulia Menuju Langkah Juara.tentu ini adalah untuk mendukung penguatan profil pelajar pancasila dengan demensi gotong royong ,mandiri ,inovatif dan akhlak mulia. berkebhinekaan global dan mandiri.

Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah muara yang harus menjadi pencapaian hasil belajar siswa yang sangat di harapkan karna dengan penguatan P3 enam dimensi profil pelajar pancasila ini dapat tercapai .
Keenam dimensi profil pelajar Pancasila perlu dilihat secara utuh sebagai satu kesatuan agar setiap individu dapat menjadi pelajar sepanjang hayat yang kompeten, berkarakter, dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. Pendidik perlu mengembangkan keenam dimensi tersebut secara menyeluruh sejak pendidikan anak usia dini. Selain itu, untuk membantu pemahaman yang lebih menyeluruh tentang dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila, maka setiap dimensi dijelaskan maknanya dan diurutkan perkembangannya sesuai dengan tahap perkembangan psikologis dan kognitif anak dan remaja usia sekolah. Selanjutnya, setiap dimensi profil pelajar Pancasila terdiri dari beberapa elemen dan sebagian elemen dijelaskan lebih konkrit menjadi sub elemen. Berikut uraian terkait profil pelajar Pancasila.
Terkait dengan judul yang saya tulis memang ini riil kami laksanakan dengan penuh komitmen bersama guru dan seluruh peserta didik saya di sekolah .Anak- anak setiap hari kamis membawa bekal sarapan pagi yang telah disiapkan orang tuanya di rumah untuk mengikuti secara bersama sama sarapan bersama teman- teman dan seluruh stake holder lainya untuk menanamkan nilai budaya Peduli dan Berbagi ,tau cara bersyukur atas rahmat rezeki dari ayah bundanya sehingga mereka dapat memiliki rasa hormat dan mengasihi orang tuanya dengan sepenuh hati . Melalui semarak budaya positif bakti ceria malaju ini juga sangat di kuatkan nilai beriman dan ketakwaannya karna sebelum makan ada yang namanya doa bersama yang di pimpin oleh siswa sebelum makan bersama di lakukan . dan mereka semua wajib memperhatikan sampah dampak dari sebagian bungkusan makanan yang mereka bawa..maka bimbingan dari bapak ibu gurunya adalah setiap anak tidak di perkenannkan untuk membawa makanan menggunakan bungkusan kertas dan air minum dari gelas aqua atau botol plastik .
Mereka di himbau dan di harapkan untuk terbiasa menggunakan kotak nasi atau tapperwerr sehingga sampah akan berkurang .

Berempati kepada orang lain dalam hal ini sesama manusia , sesama peserta didik,guru dan tenaga kependidikan sekolah . Mengenali emosi, minat, dan kebutuhan orangorang terdekat dan membiasakan meresponsnya secara positif
Mengidentifikasi emosi, minat, dan kebutuhan orang - orang terdekat dan meresponsnya secara positif . . Terbiasa memberikan apresiasi di lingkungan sekolah dan masyarakat.
Budaya hari kamis ini juga menguatkan Kepedulian Pelajar Pancasila memperhatikan dan bertindak proaktif terhadap kondisi di lingkungan fisik dan sosial. Ia tanggap terhadap kondisi yang ada di lingkungan dan masyarakat untuk menghasilkan kondisi yang lebih baik. Ia merasakan dan memahami apa yang dirasakan orang lain, memahami perspektif mereka, dan menumbuhkan hubungan dengan orang dari beragam budaya yang menjadi bagian penting dari kebinekaan global. Ia memiliki persepsi sosial yang baik sehingga ia memahami mengapa orang lain bereaksi tertentu dan melakukan tindakan tertentu. Ia memahami dan menghargai lingkungan sosialnya, serta menghasilkan situasi sosial yang sejalan dengan pemenuhan kebutuhan berbagai pihak dan pencapaian tujuan. 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU