PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

      DAY 13 PEBRUARI CERIA ..

      SENIN, 13 PEBRUARI 2023

        

Dokumen Pribadi. Nf 
                                                                         

Sebagai seorang pengajar praktik  angkatan 3 pada program pendidikan guru penggerak saya mempunyai tugas melakukan pendampingan individu 0 -9 dan melaksanakan tugas sebagai narasumber Lokakarya 0 -9 /Membersamai CGP Angkatan 3 Kota Bima tahun  2022.berdasarkan Surat tugas dari Direktorat GTK Kemendikbbudristek RI.

Untuk Materi Pengelolaan Program Yang Berdampak Pada Murid masuk pada Materi LOKAKARYA 6.Yang akan di ajarkan mulai pukul 08.00 wita - 16.00 wita.secara Luring di Hotel CAMELIA BIMA.Dengan Tim MONEV dari P4TK PKN dan IPS MALANG JAWA TIMUR. 

Dalam mengelola program agar berdampak pada murid, diperlukan rancangan yang mengacu pada

rantai hasil serta dilengkapi dengan manajemen risiko dan monitoring, evaluasi, pembelajaran,

pelaporan.

Bagaimana strategi merancangsebuah program agar dampaknya dapat terlihat?
Bagaimana strategi untuk memonitor dan mengevaluasi program serta untuk menarik
pembelajaran dari prosesnya?

Hasilnya ada bentuk  : 
Dokumen rencana program (Dampak, hasil langsung, aktivitas/strategi pelaksanaan, dan input)
Dokumen rancangan monitoring dan evaluasi
Pengumuman rencana lokakarya selanjutnya tersampaikan. Tujuannya agar CGP atau

Peserta dapat menyusun rancangan program, manajemen risiko, monitoring, dan evaluasi
CGP saling bercerita tentang rencana program yang berdampak pada murid
CGP saling memberikan umpan balik dari rencana program yang telah dibuat
CGP menyusun rancangan rantai hasil program yang terdiri dari:

1. Dampak dari program
2. Tujuan/hasil antara program
3. Hasil cepat/hasil langsung dari program
4. aktivitas / strategi pelaksanaan program
5. input program

AGENDA PADA LOKAKARYA 6 INI ADALAH : 
1. Bercerita potensi-potensi yang dimiliki oleh sekolah masing-masing
2. Berdiskusi tentang rencana program yang berdampak pada murid
3. Menyusun rancangan program
4. Menyusun manajemen risiko program
5. Menyusun rencana monitoring dan evaluasi
6. Pengumuman pelaksanaan lokakarya selanjutnya

Gambaran dan detail sesi lokakarya 6  yang akan di pandu dan di pimpin oleh pengajar praktik adalah  sbb : 

PEMBUKAAN & SAMBUTAN (15’)

Pada Sesi pembukaan ini merupakan  kunci utama dalam membangun keterlibatan peserta dalam
sesi. Sapalah peserta dengan hangat namun tetap menunjukkan semangat. Sapalah peserta
dengan kata-kata yang di ucapkan ole PP misalnya 
Selamat pagi Bapak Ibu semua! Bagaimana kabar Bapak Ibu sekalian?
[Dengarkan jawaban dari peserta , Pengajar Praktik memparafrasekan jawaban dari
beberapa peserta]
Terima kasih sudah memberikan waktunya untuk hadir kembali di ruangan ini.
Selamat datang di lokakarya ke-6 untuk para Calon Guru Penggerak. Saya senang
sekali bisa bertemu kembali dengan Bapak Ibu di sini. Pada lokakarya ini saya akan
memandu jalannya sesi kita mulai dari pagi hingga sore hari nanti.
Pengajar Praktik mempersilakan perwakilan kemendikbud untuk membuka lokakarya:
- Sebelum kita memulai kegiatan, sebelumnya kita dengarkan bersama-sama,
sambutan dari [nama perwakilan kemendikbud selaku (jabatan)], sekaligus
membuka kegiatan kita pagi ini.
- Kepada [nama pemberi sambutan] kami persilakan [memberi kesempatan untuk
memberikan sambutan dan membuka sesi]
- Terima kasih kepada [nama pemberi sambutan] atas sambutan yang diberikan
sekaligus membuka kegiatan kita pagi ini.
ICE BREAKING (10’)
Berikan aktivitas ice breaking untuk membangkitkan kembali energi peserta yang mulai
kurang bersemangat sehingga siap untuk mengikuti sesi lagi. Pilihlah satu ice breaking dari
lampiran yang menurut Anda cocok dan Anda kuasai.
- Agar lebih bersemangat lagi, mari Bapak Ibu saya ajak untuk …(ikuti panduan ice
breaking)
Catatan:
- Pengajar Praktik lain ikut dalam aktivitas
- Pengajar Praktik lain berbaur dengan peserta, tidak mengumpul di area tertentu
- Ikuti aktivitas dengan antusias, agar peserta tertular dengan antusias Anda
232

PENJELASAN TUJUAN, AGENDA SESI & KESEPAKATAN BELAJAR (10’)

Pengajar Praktik memberikan  sedikit pengantar mengenai lokakarya sebelum menjelaskan mengenai tujuan dari
lokakarya ini. Setelah menjelaskan tujuan lokakarya, jelaskan mengenai agenda dari
lokakarya ini dilanjutkan dengan pembuatan kesepakatan belajar.
- Kita sudah melewati 5 kali lokakarya sebelumnya, pada lokakarya ke-6 kita akan
fokus berdiskusi dan belajar bersama mengenai pengelolaan program yang
berdampak pada murid.
Pengajar Praktik menampilkan slide materi yang berisi tujuan lokakarya 6 dan agenda belajar loka 6
dan kesepakatan belajarn bersama CGP.

Saya Sebagai Pengajar Praktik angkatan 3 dapat memberikan ide terkait kesepakatan belajar. Ketika ada tambahan
dalam kesepakatan bersama, pastikan ada Pengajar Praktik lain yang dapat menuliskan
tambahan tersebut di kertas flipchart kesepakatan bersama. Kesepakatan yang dibuat harus
mendukung suasana belajar. Ketika sudah tidak ada lagi tambahan, Pengajar Praktik
membacakan ulang kesepakatan dan menyepakatinya bersama dengan peserta.
- Jika tidak ada lagi yang ingin menambahkan kesepakatan bersama, mari kita sepakati
yang sudah kita buat bersama. Kita baca bersama-sama terlebih dahulu [ membaca
kesepakatan bersama]
- Jika Bapak Ibu setuju dengan kesepakatan ini, silakan tos siku dengan rekan di kirikanan Bapak Ibu sambil berkata “Sepakat." Kemudian Pengajar Praktik melanjutkan ke kegiatan sbb : 

AKTIVITAS : BERCERITA POTENSI SEKOLAH (15’)
Pada lokakarya sebelumnya Bapak Ibu sudah diajak untuk memetakan potensi sekolahnya
masing-masing. Sekarang mari kita saling bercerita potensi di sekolahnya masing-masing.
Sebelum bercerita saya ingin mengulang kembali modal-modal/ potensi yang ada. Selanjutnya PP Menayangkan slide tentang modal modal dan potensi pengembangan sekolah . lalu memberi kesempatan CGP Bertanya dan bercerita.

PP Mengajak peserta untuk beraktivitas berpasangan
- Aktivitas ini akan dilakukan berpasangan, namun karena jumlah kita ganjil akan ada
satu kelompok yang beranggotakan 3 orang.
- Setelah bapak ibu berpasangan, bapak ibu akan bergantian untuk bercerita tentang
potensi-potensi yang ada di sekolahnya, waktu keseluruhan yang diberikan untuk
masing-masing pasangan bercerita adalah 5 menit
- “Silakan bapak ibu berdiri mencari pasangannya, jika ada satu orang yang belum
mendapat pasangannya bisa bergabung saja dengan pasangan yang ada.”
Mulai waktu bercerita
- ”Apakah semua sudah mendapat pasangannya? Jika sudah mari kita mulai untuk
saling bercerita, waktu 5 menit kita mulai sekarang.” [Pengajar Praktik menghitung
waktu]
- Anda mengingatkan jika waktu sudah berjalan 2,5 menit, “silakan untuk pasangan
yang belum bergantian bercerita bisa mulai bergantian.”
- “Baik bapak ibu waktu berceritanya sudah habis, Bapak Ibu akan mencari pasangan
baru untuk bercerita. Silakan mencari pasangannya yang berbeda dengan
sebelumnya.”
- ”Apakah semua sudah mendapat pasangannya? Jika sudah mari kita mulai untuk
saling bercerita, waktu 5 menit kita mulai sekarang.” [Pengajar Praktik menghitung waktu.)


AKTIVITAS : BERBAGI TEMUAN DARI CERITA TEMAN LAIN (10’)

PP Ajak peserta untuk berbagi temuan dan pembelajarannya:
- Setelah bapak ibu bercerita dengan teman yang lain, mari kita berbagi temuan kita
dari cerita teman yang lain
- Sebelumnya bapak ibu bisa menjawab pertanyaan ini:
Pengajar Praktik [TAMPILKAN SLIDE x: Pertanyaan]
1. Hal baru apa saja yang Bapak Ibu dapatkan dari cerita teman lain
2. Pembelajaran apa yang Bapak Ibu dapatkan dari cerita teman lain
- Saya beri kesempatan 2 menit untuk memikirkan jawabannya
- Waktunya sudah habis, siapa yang ingin berbagi temuannya? [tunggu sejenak]
- Jika peserta tidak ada yang bersedia maka Anda bisa menunjuk langsung seorang
peserta untuk berbagi, setelah peserta tersebut selesai Anda minta untuk menunjuk
satu orang lainnya untuk berbagi, dilanjutkan hingga minimal ada 3 orang yang
bercerita
- Anda menyimpulkan sesi ini dengan ternyata sekolah kita masing-masing memiliki
banyak sekali potensi yang belum kita kelola dengan baik untuk kemajuan sekolah,
modal ini bisa kita  untuk membuat program-program di sekolah yang
berdampak pada MURID.

Setelah waktu diskusi habis, Pengajar Praktik mengakhiri diskusi dengan
merangkum dan bisa memberikan pendapatnya terutama untuk mengklarifikasi halhal yang masih kurang tepat.

Selanjutnya pengajar praktik melakukan aktivtas   MengAjak peserta untuk mempelajari dasar logic model yaitu rantai hasil (result chain)
- Bapak Ibu kita akan membahas rantai hasil, jika ingin merencanakan sebuah proyek
atau program lazim menggunakannya. Disini kita bisa secara logis merencanakan
jika kita menginginkan sebuah hasil maka kita bisa merencanakan komponenkomponen agar hasil tersebut realistis untuk kita capai.
- Mari kita lihat apa saja komponen-komponen pada rantai hasil dan pengertiannya
- Dari slide ini kita bisa membedakan apa itu input, activity, output, outcome dan
impact.
- Ketika kita ingin merencanakan program kita harus mulai dari akhir, namun
sebaliknya jika kita ingin mengimplementasikannya kita mulai dari tahapan awal
yaitu menyediakan input .lalu menampilkan Slide Rantai hasil.Ajak peserta untuk mempresentasikan hasil kerjanya

- Silakan Bapak Ibu ada yang mau menyampaikan hasil pekerjaannya,
- Pengajar Praktik mempersilakan ke peserta lain untuk mengomentari presentasi
yang diberikan
- Pengajar Praktik merangkum dan memberikan jawaban yang tepat (jika jawaban
peserta masih belum tepat)
- Pengajar Praktik mempersilakan peserta lain untuk mempresentasikan hasil
pekerjaannya
- Pengajar Praktik merangkum penjelasan mengenai rantai hasil untuk membedakan
lagi antara input-activity-output-outcome-impact
AKTIVITAS : MENYUSUN RANCANGAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID
(30’)
Ajak peserta untuk beraktivitas dalam kelompok:
- Aktivitas ini akan dilakukan secara berkelompok. Kita menggunakan pembagian
kelompok sesuai dengan kelompok Pengajar Praktik masing-masing
- Silakan Bapak Ibu bisa berkumpul berdasarkan kelompok pendampingnya terbagi
menjadi 3 kelompok dengan masing-masing anggota 5 orang.
- Masing-masing kelompok akan menyusun rencana program yang dijabarkan dalam
rantai hasil yang akan dipandu oleh Pengajar Praktik masing-masing
Mulai waktu untuk berdiskusi:
- Pengajar Praktik masuk ke kelompok masing-masing
- Bapak Ibu kita akan memilih satu program yang sudah direncanakan oleh salah satu
anggota di sini untuk dijadikan latihan dalam kelompok. Silakan bapak ibu berdiskusi
untuk memutuskan program mana yang akan kita gunakan untuk latihan
- Sudah selesai diskusinya? Program apa yang akan kita gunakan?
- Jika sudah menyepakati program yang akan dijadikan latihan, selanjutnya kita akan
memilih:
1. 1 (satu) impact (Dampak) yang diinginkan dari pelaksanaan program
2. 2 (dua) outcomes (Tujuan/hasil antara) program
3. Jabarkan dan tuliskan rantai hasilnya menggunakan format yang sudah
disediakan
- Pengajar Praktik membagikan kertas flipchart berisi dengan format dan spidol
marker kepada peserta
- Yang perlu diingat ketika merencanakan sebuah program adalah bermula dari akhir
yaitu memutuskan dampaknya (impact), kemudian tujuan/hasil antaranya
(outcomes), hasil langsung/cepat (output) , aktivitas (activity) dan inputnya.
- Mari bapak ibu kita lengkapi Impact dan Outcome yang sudah kita pilih menjadi
sebuah rantai hasil yang lengkap untuk merencanakan sebuah program.
- Waktu yang diberikan kepada Bapak Ibu adalah (25’).
- [Pengajar Praktik mengamati proses diskusi dan kolaborasi anggota kelompok untuk
melengkapi rantai hasil program yang direncanakan, Setelah waktu berjalan 20’,
Pengajar Praktik mengingatkan kepada peserta bahwa waktu yang tersisa adalah 5’]
- [Pengajar Praktik menghentikan proses diskusi kelompok ketika waktu habis]
Format isian rantai hasil





  

AKTIVITAS : MEMBUAT MANAJEMEN RISIKO
 (20’)
Ajak peserta untuk beraktivitas dalam kelompok:
- [Pengajar Praktik kelompok menjelaskan latihan selanjutnya setelah selesai
melakukan latihan untuk menjabarkan program ke dalam rantai hasil]
- Kita akan melanjutkan membuat manajemen risiko terhadap program yang telah kita
rencanakan sebelumnya secara berkelompok
- Mari kita fokus pada bagian input, aktivitas, dan output yang merupakan lingkaran
kontrol kita, kita akan berdiskusi mengenai apa saja yang menjadi risiko, dan
bagaimana kita bisa mengendalikan risiko tersebut
Mulai waktu untuk berdiskusi:
- Pengajar Praktik mengajak kelompok untuk berdiskusi dengan waktu (15’)
- Pengajar Praktik membagi kertas flipchart dan spidol marker
- Peserta menuliskan hasil diskusi sesuai dengan format yang diberikan
- Pengajar Praktik mengingatkan ketika waktu diskusi tersisa (5’) , Pengajar Praktik
menanyakan apakah perlu waktu tambahan untuk berdiskusi, jika memerlukan
waktu tambahan maka Pengajar Praktik bisa menambah waktu sekitar (3’)
- Pengajar Praktik menghentikan aktivitas kelompok ketika waktu diskusi sudah habis
Format isian manajemen risiko:

No Kemungkinan risiko
Yang Terjadi
Ukuran risiko
(kecil/sedang/besa
r)

Strategi Pengendalian
AKTIVITAS : PRESENTASI DAN UMPAN BALIK (35’)
Ajak kelompok untuk mempresentasikan hasilnya
- Pengajar Praktik menjelaskan perwakilan kelompok akan mempresentasikan
hasilnya kepada kelompok lain, Adakah yang bersedia menjadi presenter kelompok
ini?
- Silakan bapak ibu memutuskan siapa yang akan menjadi presenter di kelompok ini
Mulai waktu presentasi
- Fasilitator utama menjelaskan bahwa waktu presentasi setiap kelompok adalah (5’)
setelah (5’) Pengajar Praktik akan memberhentikan presentasi meskipun kelompok
tersebut belum selesai dalam menerangkan hasil pekerjaan kelompoknya
- Setelah presentasi masing-masing kelompok mendapat waktu (5’) untuk mendapat
umpan balik dari kelompok lain bisa berupa pertanyaan atau saran terkait hasil
pekerjaannya
- Urutan pertama adalah kelompok yang sudah siap untuk presentasi, urutan
berikutnya akan ditentukan oleh kelompok yang sudah selesai melakukan presentasi
240
- [Pengajar Praktik menghitung waktu dan memandu  proses jalannya presentasi
terutama bagian umpan balik]
Wrap up sesi
- Setelah semua kelompok mempresentasikan hasil , Pengajar Praktik mengulas dan
merangkum mengenai rantai hasil dan manajemen risiko. 1
Nama Sesi: PERENCANAAN MONITORING DAN
EVALUASI
DURASI: 100 MENIT
TUJUAN SESI
Peserta dapat membedakan monitoring dan evaluasi
Peserta dapat memahami prinsip-prinsip monev
Peserta dapat mengetahui langkah-langkah pembuatan kerangka monev
Peserta dapat menyusun kerangka monev program
PERLENGKAPAN YANG DIBUTUHKAN:
Proyektor
Laptop
Layar
Kertas flipchart
Spidol Marker
Sticky notes
ENERGIZER (10’)
Sambut peserta yang baru bergabung dari makan siang. Berikan pertanyaan-pertanyaan
berikut ini:
- Siapa di antara Bapak Ibu yang sudah makan siang?
- Siapa di antara Bapak Ibu yang sudah kenyang?
- Siapa di antara Bapak Ibu yang sudah kembali terisi energinya?
Berikan aktivitas energizer untuk kembali membangkitkan kembali energi peserta yang
mulai mengantuk sehabis makan sehingga siap untuk mengikuti sesi lagi. Pilihlah satu
energizer dari lampiran yang menurut Anda cocok dan Anda kuasai.
- Agar lebih bersemangat lagi, mari Bapak Ibu…(ikuti panduan energizer)
MATERI : MONEV (20’)
[TAMPILKAN SLIDE X: MONEV]
Ajak peserta untuk mempelajari pengertian monev
- Bapak Ibu kita akan membahas mengenai monev, Apa yang bapak ibu ketahui
mengenai monev?
- Pengajar Praktik mempersilakn peserta untuk menyampaikan pendapatnya tentang
monev
- Mari kita lihat apa pengertian monev dan perbedaan diantara keduanya [Pengajar
Praktik membacakan keterangan di slide yang disediakan]
[TAMPILKAN SLIDE X: Prinsip-prinsip Monev]
Ajak peserta untuk mempelajari prinsip-prinsip monev
- Mari kita lihat apa saja prinsip-prinsip monev
- Dengan mengerti prinsip-prinsipnya kita menjadi lebih memahami pentingnya
monev dalam program kita dan aplikasi monev yang sesuai dengan prinsipnya.
- [Pengajar Praktik bisa membuka modul penggerak 3.3 mengenai monev untuk lebih
memahami prinsip monev]
[TAMPILKAN SLIDE X: Langkah-langkah Menyusun Kerangka Monev]
Ajak peserta untuk Mencari  langkah-langkah menyusun kerangka  - Bapak Ibu berikut langkah-langkah praktis dalam pembuatan kerangka monev
- Berikut contoh dari penerapan langkah-langkahnya
- [Pengajar Praktik menjelaskan keterangan yang tercantum dalam
- Sekarang saya ingin Bapak Ibu membuat kerangka monev untuk program yang
sebelumnya sudah dijabarkan rantai hasilnya dalam kelompok yang sebelumnya
- Silakan bapak ibu berkumpul kembali dengan anggota kelompoknya masing-masing
AKTIVITAS : PRESENTASI DAN UMPAN BALIK (30’)
Ajak kelompok untuk mempresentasikan hasilnya
- Pengajar Praktik menjelaskan bahwa satu orang anggota kelompok akan menjadi
tuan rumah tetap berada di tempat untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, 4
orang lainnya akan berkunjung ke kelompok lain sesuai dengan urutannya Kelompok
1 berkunjung ke kelompok 2; kelompok 2 berkunjung ke kelompok 3; kelompok 3
berkunjung ke kelompok 1.
- Waktu kunjungan masing-masing kelompok selama (5’) tugas pengunjung adalah
memberikan umpan balik berupa pertanyaan hasil presentasi tuan rumah dan juga
saran terkait hasil pekerjaannya dengan menempelkan sticky notes catatan feed back
di pekerjaan kelompok lain
- [Pengajar Praktik membagikan sticky notes dan spidol marker]
- [Pengajar Praktik mengatur lalu lintas waktunya]
Wrap up Sesi
- Apakah ada pertanyaan lanjutan terkait kerangka monev?
- Jadi kita tadi sudah belajar mengenai tahapan membuat kerangka monev, harapannya
ini bisa diteruskan untuk membuat kerangka monev untuk program masing-masing REFLEKSI PEMBELAJARAN (15’)
Ajak peserta merefleksikan pembelajaran pada serangkaian lokakarya ini
- Bapak ibu kita sudah di penghujung sesi mari kita refleksikan pembelajaran hari ini
dengan berdiri membentuk lingkaran besar, setiap orang secara bergiliran akan
menjawab pertanyaan :
1. Belajar apa hari ini?
2. Satu hal yang ingin saya terapkan dari proses belajar hari ini
- [Pengajar Praktik memandu sesi refleksi]
PENUTUPAN(10’)
- Bapak Ibu mari kita simak penutupan kegiatan yang akan disampaikan oleh
perwakilan dari Kemendikbud, kepada bapak kami persilakan untuk menutup
rangkaian lokakarya
- Terima kasih kepada xx secara resmi telah menutup sesi kita pada hari ini
- Kami ajak bapak ibu untuk foto bersama
- Terima kasih atas partisipasi bapak ibu di lokakarya hari ini , sampai berjumpa di
lokakarya selanjutnya.
Demikian sistimatika dan langkah kegiatan lokakarya 6 program PGP ANGKATAN 3 YANG TELAH KAMI JALANI .TERIMAKASIH ..


Nama Sesi: PENUTUP









Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU