KOMUNITAS BELAJAR DI SETIAP SATUAN PENDIDIKAN

    DAY CERIA FEBRUARI 11 ,

    SABTU, 11 PEBRUARI 2023 


   

                                                                Dokumen ; pribadi NF.


                   Sebagai Kepala sekolah Penggerak Angkatann 1 Banyak sekali kemudahan dalam mengembangkan kompetensi yang sudah ada.Terakhir pada bulan desember kemarin tahun 2022 semua kepala sekolah penggerak angkatan 1 Kota Bima dan Lombok Timur  mulai dari kepala TK,SD,SMP DAN SMA di undang untuk menghadiri kegiatan REFLEKSI DAN PENGEMBANGAN KOMUNITAS BELAJAR SATUAN PENDIDIKAN DI HOTEL ARUNA SENGGIGI LOMBOK NTB .Mulai tanggal ,22 -24 desember 2022.


Refleksi individu di lakukan dengan menjawab pertanyaan di bawah ini : 

Apa kegiatan yang sudah dilakukan dalam komunitas  belajar?

Apa dampak penerapan hasil kegiatan di atas pada  siswa?

Visi Kemdikbud Ristek:

@.Mewujudkan Indonesia Maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya  Pelajar Pancasila yang bernalar kritis, kreatif, mandiri, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang  Maha Esa, dan berakhlak mulia, bergotong royong, dan berkebinekaan 

@ Murid-murid di Indonesia memiliki kompetensi literasi numerasi yang baik, menjadi pembelajar  sepanjang hayat, memiliki karakter pelajar pancasila

@ Guru mengajar di kelas sesuai tahapan dan kebutuhan siswa dengan kualitas pembelajaran  yang baik dengan siklus:  
 
 Melakukan asesmen  - Membuat perencanaan mengajar Merefleksikan proses pembelajaran

awal pembelajaran            -      Memfasilitasi  pembelajaran
 

Membuat rencana
perbaikan/inovasi               -       Merefleksikan proses - Melakukan asesmen formatif dan sumatif

                                                                                                   pembelajaran


 -    Guru membangun budaya belajar cara mengajar dan merefleksikan proses pembelajaran
                     Jika ada dua orang siswa kembar yang berbeda kelas dan orang tuanya menghendaki  kedua anaknya mendapat pengalaman belajar yang sama/hampir sama, bagaimana  caranya agar harapan orang tuanya terpenuhi meskipun pengajarnya berbeda.

Guru dapat belajar dan berdiskusi bersama untuk:
Membuat dan mereviu perencanaan pembelajaran bersama
Mendiskusikan rubrik penilaian bersama sehingga memiliki persepsi yang sama dalam
menginterpretasikan  rubrik.

Berbagi masalah pembelajaran yang dihadapi peserta didik, dan mendiskusikannya.
Bertukar menilai hasil belajar peserta didik
Saling mengobservasi pembelajaran di kelas masing-masing (“open class”) dan refleksi hasil  observasi bersama. 

Bagaimana cara  guru belajar?

     70 %   Pembelajaran antar individu yang menerapkan langsung  pengetahuan yang didapat serta memecahkan masalah  bersama. dan  Pembelajaran dalam  komunitas belajar dalam  sekolah
  

    20%    Pembelajaran dalam  komunitas belajar dalam  sekolah.


   10 %   Pembelajaran individual melalui pelatihan, kursus





Guru dan kepala sekolah bekerja dan  belajar tentang Kurikulum Merdeka Dalam Komunitas Belajar 

Apakah Komunitas Belajar dalam Sekolah?  :

Sekelompok pendidik dan tenaga kependidikan dalam satu  sekolah yang belajar
bersama -sama dalam komunitas belajar  .dan berkolaborasi secara rutin dengan tujuan yang jelas dan terukur untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran sehingga berdampak pada hasil belajar  peserta didikcara rutin . Komunitas belajar dalam sekolah diharapkan dapat  meningkatkan kompetensi pendidik dan membangun  budaya belajar bersama yang berkelanjutan, sehingga  berdampak pada peningkatan hasil belajar peserta  didik.

Mengapa Komunitas Belajar dalam Sekolah  sangat penting?
karna hal hal di bawah ini : 

@Wadah untuk merealisasikan terjadinya kolaborasi antar pendidik
@Pendidik belajar bersama (tidak terisolasi)
@Pendidik bersepakat tentang standar umum (misal: seperti pembelajaran yang efektif dan  rubrik/indikator penilaian)
@Pendidik bersepakat bahwa pendidikan semua peserta didik adalah tanggung jawab  kolektif.
@Meminimalkan ketimpangan kompetensi antar pendidik (peserta didik memperoleh  pengalaman belajar dengan kualitas yang sama siapapun pendidiknya)
@Proses belajar pendidik terjadi secara berkelanjutan akan membentuk ekosistem dan  budaya belajar    yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan kualitas  pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Komunitas  BELAJAR ANTAR SEKOLAH  

@ Komunitas yang melibatkan beberapa guru atau kepala sekolah dari beragam  sekolah
@ Komunitas yang tergabung menjadi satu wadah untuk melakukan kegiatan belajar  bersama terkait Kurikulum Merdeka
Bentuknya dapat berupa gugus PAUD, PKG, MGMP, MGBK, KKG, MKKS, KKS, MKPS,  komunitas praktisi, komunitas sekolah penggerak, maupun komunitas belajar  non-formal lainnya seperti @ @    Komunitas Guru Berbagi Nusantara (KGBN), Komunitas  Pengawas Belajar Nusantara (KPBN), dll.
Topik pembahasan yang diangkat dapat bersumber dari tema yang dibahas di  Komunitas Belajar dalam sekolah maupun memanfaatkan sumber belajar lainnya  seperti modul pelatihan, panduan guru, dan narasumber berbagi praktik baik dalam  PMM.


KOMUNITAS  BELAJAR  DARING DI PMM

Komunitas yang terdata secara virtual (ada di menu Komunitas di platform  Merdeka Mengajar/PMM)
Mewadahi komunitas belajar di dalam sekolah maupun antar sekolah  untuk melakukan aktivitas belajar bersama tanpa ada batasan jarak dan  area.
Mengoptimalkan PMM sebagai wadah untuk saling berjejaring dan  berbagi informasi termasuk mengadakan mengadakan webinar yang dapat  diikuti oleh pengguna PMM lainnya.

                                                                       DOK PRI



















Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU