DAY FEBRUARI 9 CERIA
KAMIS , 9 PEBRUARI 2023
Ketika kini saya masih berada pada status sebagai Kepala Sekolah Penggerak di SDN 28 MELAYU KOTA BIMA Saya akan tetap memiliki peran ,tugas dan tanggung jawab sebagai kepala sekolah yang memiliki kompetensi sebagai pemimpin pengembangan sekolah ,
Kepala sekolah yang mempunyai kompetensi sebagai pemimpin pembeljaran ,kepala sekolah yang memiliki kompetensi mengembangkan diri dan orang lain dan kepala sekolah yang memiliki kemampuan managerial. Apakah kita sebagai kepala sekolah mau memiliki sekolah aman dan nyaman? Apa yang Bapak/Ibu bayangkan tentang sekolah aman dan nyaman ?
sekolah aman dan nyaman? Apa yang Bapak/Ibu bayangkan tentang sekolah aman dan nyaman ?
Untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman, kita akan mempelajari 3 hal berikut :
1. Kesadaran Penuh (mindfulness)
2. Pembelajaran Sosial dan Emosional
3. Pembelajaran Sosial dan Emosional Berbasis Kesadaran Penuh
Mari kita berefleksi bagaimana pengelolaan emosi yang Bapak/Ibu Kepala Sekolah lakukan seperti yang di harapkan oleh kurikulum merdeka..Mari berefleksi bagaimana pengelolaan emosi yang Bapak/Ibu Kepala Sekolah lakukan.
Apa itu Pembelajaran Sosial Emosional?
Pembelajaran Sosial dan Emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif oleh seluruh komunitas sekolah. Proses kolaborasi ini memungkinkan anak dan orang dewasa di sekolah memperoleh dan menerapkan pengetahuan, keterampilan dan sikap positif mengenai aspek sosial dan emosional.
Pembelajaran sional focus pada Bagaimana memahami diri sendiri? Bagaimana berinteraksi dengan orang lain? Bagaimana berperilaku dengan cara yang semestinya dalam norma yang sesuaiBagaimana berperilaku dengan cara yang semestinya dalam norma yang sesuai?
Pendekatan Pembelajaran Sosial Emosional yang efektif seringkali menggabungkan empat elemen yang diwakili oleh akronim SAFE:
Sequential/berurutan: Aktivitas yaBagaimana berperilaku dengan cara yang semestinya dalam norma yang sesuai?
ng terhubung dan terkoordinasi untuk mendorong pengembangan keterampilan
Active/aktif: bentuk Pembelajaran Aktif yang melibatkan murid untuk menguasai keterampilan dan sikap baru
Focused/fokus: ada unsur pengembangan keterampilan sosial maupun personal
Explicit/eksplisit: tertuju pada pengembangan keterampilan sosial dan emosional tertentu secara eksplisit.
Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis Kesadaran Penuh (Mindfulness) dalam mewujudkan Kesejahteraan Hidup (Well-Being)Pembelajaran Sosial dan Emosional berbasis kesadaran penuh yang dilakukan secara terhubung, terkoordinasi, aktif, fokus, dan eksplisit diharapkan dapat mewujudkan kesejahteraan hidup (well-being) ekosistem sekolah.
Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning (CASEL) menjelaskan bahwa pengambilan keputusan yang bertanggung jawab adalah kemampuan seseorang untuk membuat pilihan-pilihan yang konstruktif terkait dengan perilaku pribadi serta interaksi sosial mereka berdasarkan standar etika, pertimbangan keamanan dan keselamatan, serta norma sosial.
Kemampuan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab tidak datang secara alami. Kemampuan ini perlu dengan sengaja ditumbuhkan. Seorang pengambil keputusan yang bertanggung jawab akan mempertimbangkan semua aspek, alternatif pilihan, berikut konsekuensinya, sebelum kemudian mengambil keputusan. Untuk dapat melakukan hal tersebut seseorang perlu belajar bagaimana:
mengevaluasi situasi
menganalisis alternatif pilihan mereka, dan
mempertimbangkan konsekuensi dari masing-masing pilihan itu terhadap diri mereka sendiri dan orang lain.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah Hebat!
Setelah membaca dan memahami materi yang diberikan, silakan berbagi pembelajaran bermakna yang didapatkan dan refleksikan bagaimana Bapak/Ibu mewujudkan sekolah yang nyaman dengan Pembelajaran Sosial dan Emosional Berbasis Kesadaran Penuh!
Sumber Materi :
Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional Program Guru Penggerak (Caesilia Ika W, M. Psi., Psikolog, dkk)
Komentar
Posting Komentar