TIPS MEMFASILITASI REFLEKSI PENGUATAN KOMITE PEMBELAJARAN DI SEKOLAH

  


   DAY 19 ,FEBRUARI CERIA TANTANGAN KE-19

                    “No problem can be solved from the same level of consciousness that  created it.”

                                                              -Albert Einstein- 

     Sebagai pemegang otentik program sekolah penggerak angkatan 1 tentunya dewi fortuna selalu berpihak memberikan yang terbaik pada sekolah kami salah satunya adalah di beri kesempatan membentuk Komite pembelajaran sekolah yang di beri tugas dan peran untuk menjadi narasumber bagi guru lainnya yang ada di sekolah . Komite pembelajaran Sekolah juga mendapatkan Bimtek Penguatan Kompetensi akademik maupun non akademik oleh Instruktur dan Narasumber Nasional yang handal dan piawi sehingga kompetensi komite pembelajaran sekolah tidak di ragukan dalam kiprahnya membantu kepala sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di sekolah Penggerak .Alhamdulillah .Salah satu materi yang di berikan pendampingan adalah tehnik memfasilitasi Refleksi Penguatan Komite Pembelajaran di Sekolah .



                                                               dok.pri Nf.


 Apa perbedaan memimpin dan memfasilitasi ?

1. Memimpin atau leading memiliki arti Mempunyai Power atau otoritas dalam membuat keputusan 

sedangkan memfasilitasi atau fasilitating adalah bersikap netral dalam memandu diskusi atau refleksi .

What?

Memikirkan ulang proses apa yang membuat kegiatan belajar yang telah dilakukan komunitas telah berhasil atau belum berhasil dan bermanfaat untuk bahan pembelajaran rekan komunitas mengenai apa saja yang berhasil dan yang tidak dalam mengaplikasikan pembelajaran yang dilakukan.

REFLEKSI 

Why?

Media pembelajaran berdasarkan pengalaman

Koneksi hasil observasi dan perasaan berdasarkan pengalaman

Saling belajar antar rekan sejawat berdasarkan pengalaman 

Apa Manfaat Refleksi ? 


MEMFASILITASI REFLEKSI DENGAN EFEKTIF 1

Sikap :                                                                                                             

@ Jujur
@ “Mindset fasilitator”: netral, mendorong diskusi bermakna, bebas kepentingan
@ Terbuka: Setiap peserta bebas berpendapat dan berkontribusi dalam forum
@ Fokus pada diskusi kelompok
@ Terlibat langsung dalam forum

Komunikasi :                                                                                                          

@ Aktif mendengar
@ Mendorong partisipasi
@ Menggunakan pertanyaan terbuka
@ Menegaskan ulang ide dan poin-poin kunci
@ Memberikan apresiasi atas setiap kontribusi


Memfasilitasi Refleksi Dengan Efektif 2

Tips Mempersiapkan Refleksi : 

1. Tentukan tujuan

2. Pahami latar belakang forum yang akan difasilitasi

3. Tentukan waktu dan durasi yang tepat

4. Pilih metode refleksi yang tepat


RAGAM METODE REFLEKSI YANG KITA LAKUKAN : 


-Posed Question
Hening
Ajukan pertanyaan kepada kelompok dan berikan waktu untuk refleksi atas pertanyaan tersebut

-Posed Sensation
Hening
Minta peserta untuk mengingat kembali  proses yang telah dilalui, libatkan emosi dan perasaan

-Capturing
Minta peserta untuk menangkap satu gambar peristiwa yang baru saja dilalui
Snapshot
Minta peserta untuk kembali merasakan emosi yang terjadi dalam peristiwa tersebut

-Sentence Stems
Berikan kalimat-kalimat untuk memantik pendapat dari peserta seperti
Hari ini saya berharap…
Saya khawatir tentang..
Hari ini saya merasa…

KEGIATAN 1-5 MENIT

@ Question discussion
Ajukan pertanyaan kepada forum dan mintalah agar setiap orang menanggapi pertanyaan tersebut, berdiskusi singkat seputar pertanyaan tersebut dan mengkaitkan dengan kegiatan yang baru saja dilalui

@ Quote discussion
Berikan satu buah kutipan terkait kegiatan yang baru saja dilaksanakan dan minta masing-masing peserta untuk memaknai kutipan tersebut berdasarkan pengalaman yang baru saja didapatkan

@ One to three words
Minta setiap peserta berbagi dengan kelompok 1 – 3 kata yang menggambarkan kegiatan, bagaimana perasaan mereka tentang kegiatan tersebut, atau apa pun yang berkaitan dengan kegiatan

@ Short journal
Minta setiap orang untuk menuliskan jawaban dari pertanyaan awal yang diajukan, lalu secara bergiliran membaca.

Contoh Pertanyaan Kunci : 

- Apa hal penting yang telah Anda pelajari dari kegiatan hari ini?
- Apakah Anda berhasil mengaplikasikan hal yang dipelajari saat kegiatan belajar komunitas?
- Apa hal-hal yang membuat kegiatan belajar tersebut berhasil diaplikasikan?
- Jika belum berhasil, apa kendalanya?
- Apa tantangan yang dihadapi selama proses belajar?
- Solusi alternatif apa yang bisa direkomendasikan agar kegiatan belajar berikutnya dapat      lebih baik?
- Pelajaran penting apa yang didapat dari proses belajar tersebut


APABILA MENEMUKAN TANTANGAN  DALAM MEMBANGUN BUDAYA REFLEKSI KITA HARUS APA ?

 Bagaimana jika salah satu peserta memonopoli percakapan?

@ Review sudut pandang peserta, beri penegasan, lalu lanjutkan diskusi dalam forum. Fasilitasi peserta lain untuk turut memberikan Pendapat


Bagaimana jika bahasan diskusi semakin melebar ?


@ Rangkum sudut pandang peserta, beri penegasan, ingatkan untuk kembali fokus pada topik. Fasilitasi peserta lain untuk turut memberikan pendapat.


Bagaimana jika peserta melakukan percakapan pribadi selama diskusi kelompok berlangsung?

@  Mulailah dengan menggunakan metode nonverbal untuk mendapatkan perhatian peserta seperti melakukan kontak mata atau mendekati mereka. Ajukan pertanyaan kepada salah satu peserta yang berbicara - pastikan untuk memanggil mereka dengan namanya terlebih dahulu, agar bersedia membagikan pendapatnya dalam forum 

Bagaimana jika ada banyak perbedaan pendapat dalam kelompok?

@ Jika ada perbedaan pendapat, rangkum dan tegaskan kembali sudut pandangnya dan minta pendapat peserta lain. Dorong peserta lain untuk turut memberikan pertimbangan, lalu sampaikan pendapat Anda dan berikan pertimbangan-pertimbangan beserta argumen yang mendukung secara positif. Tetap netral

Bagaimana jika salah seorang peserta sibuk sendiri dengan aktivitas pribadi selama sesi diskusi berlangsung?

@  Coba cara nonverbal untuk membuat peserta berhenti. Jika kegiatan kelompok sedang berlangsung, datangi kelompok dan mintalah semua orang untuk berpartisipasi. Abaikan perilaku peserta “pasif” selama hal tersebut  tidak mengganggu jalannya diskusi


Bagaimana jika peserta tidak mengikuti refleksi?

@  Jika sedang berada di tengah-tengah diskusi, coba ajak peserta untuk terlibat diskusi secara non verbal. Kemudian pada saat jam istirahat, ajak peserta ngobrol-ngobrol ringan, dan coaching peserta agar dapat terlibat aktif selama proses refleksi.

Done ,19 FEBRUARI 2023 .NF.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI