MELAKUKAN DIALOG REFLEKTIF DENGAN PENDEKATAN COACHING

 DAY 10 FEBRUARI CERIA  TANTANGAN MENULIS SETIAP HARI

JUM'AT, 10 PEBRUARI 2023 .


                                                                   dok.pribadi zoom coaching

                                                               dok.pribadi Nf


             Kepala Sekolah memiliki tugas melakukan coaching kepada guru. 

 Penjelasan lebih lanjut ada pada buku Panduan Kerja Kepala Sekolah 

Daftar Istilah 

Coaching : kegiatan percakapan yang menstimulasi pemikiran coachee dan memberdayakan potensi coachee

Coach : pemberi manfaat dan pelaksana kegiatan coaching

Coachee : penerima kegiatan dan manfaat kegiatan coaching

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 

Definisi International Coaching Federation

www.coachingfederation.org

Definisi Coaching

Kemitraan dengan individu dalam suatu proses kreatif, dengan tujuan memaksimalkan potensi pribadi dan profesionalnya

Proses Coaching mempunyai makna :

Proses menghantarkan seseorang dari tempat dia berada saat ini ke tempat lain yang menjadi tujuannya  

Makna Definisi Coaching adalah : 

Bermitra

Seorang coach harus membangun rasa setara, tidak lebih tinggi/rendah dibandingkan coachee-nya

Kemitraan ditunjukkan juga dengan mengedepankan tujuan coachee

Proses Kreatif

Proses kreatif dilakukan melalui percakapan, yang memicu proses berpikir coachee

Percakapan dilakukan untuk memetakan, menggali situasinya, dan nantinya menghasilkan ide-ide baru

Percakapan dilakukan dalam bentuk komunikasi 2 arah 

Memaksimalkan Potensi

Percakapan coaching harus diakhiri dengan suatu rencana tindak lanjut yang diputuslan oleh coachee, yang paling mungkin dilakukan dan paling besar kemungkinan berhasilnya. 

Mindset Coaching

Mindset 

Coaching

FOKUS PADA "PEMBELAJAR"

MEMILIKI KESADARAN DIRI YANG KUAT

BERSIKAP TERBUKA DAN INGIN TAHU

MAMPU MELIHAT PELUANG BARU & BERPIKIR KE DEPAN


Fokus Pada Pembelajar

Coach memusatkan perhatian pada orang yang dicoachingnya, bukan pada "topik" yang dibawanya dalam percakapan.

Fokus diletakkan pada bagaimana topik apa pun yang dibawa oleh coachee, dapat membawa kemajuan pada coachee, sesuai keinginan coachee. 

Bersikap Terbuka  

Coach memiliki pikiran yang terbuka terhadap pemikiran-pemikiran coachee

Ditandai dengan minimnya pelabelan atau analisa tentang baik/buruk atau benar/salahnya pemikiran tersebut

Ditandai juga dengan kemampuan menerima pemikiran dengan tenang, dan tidak menjadi emosional 


Bersikap Ingin Tahu Lebih Banyak 

Seorang coach memelihara rasa ingin tahu (curiosity) yang besar terhadap apa yang membuat coacheenya memiliki pemikiran/pendapat/perasaan tertentu 

Memiliki Kesadaran Diri yang Kuat 

Kesadaran diri yang kuat membantu coach untuk bisa menangkap adanya perubahan yang terjadi selama pembicaraan

Juga mampu menangkap adanya emosi/energi yang timbul dan mempengaruhi percakapan, baik dari dalam diri maupun dari coachee

Mampu Melihat Peluang Baru & Masa Depan 

Coach harus mampu melihat peluang perkembangan yang ada dan juga bisa membawa coachee melihat masa depan 

TIRTA

Alur percakapan coaching, untuk digunakan dalam sesi coaching

Tujuan yang kita tentukan di sini adalah TUJUAN PERCAKAPAN (30-90)’, bukan tujuan yang lain.

Tujuan percakapan terdiri dari 2 hal:

Agenda/Topik Percakapan

Hasil dari Percakapan

Ada 2 Pertanyaan yang Harus diajukan:

Pertanyaan tentang Agenda:

Apa yang topik/agenda percakapan kita kali ini?

Pertanyaan tentang hasil:

Apa yang ingin Bapak/Ibu dapatkan dari percakapan ini?

T

I

R

TA

Tujuan

Ini tahap saat coach membantu coachee melihat/mengidentifikasi apa saja yang sebetulnya ada di dalam situasinya saat ini.

Ini mencakup fakta yang kasat mata dan tak kasat mata (perasaan, keinginan, dorongan) 

Tujuan tahap ini adalah memperjelas, menggali dan memetakan situasi

Contoh pertanyaan:

Situasinya sekarang seperti apa?

Apa yang mempengaruhi hal itu?

Situasi yang diinginkan seperti apa?

Apa yang bisa membuat itu terwujud?

T

I

R

TA

Identifikasi

Tahap ini adalah tahap mengeksplorasi gagasan/kemungkinan dan rencana.

Jika coachee sudah bisa melihat situasi dengan cara baru (tahap I) biasanya ia sudah siap diajak mengeksplorasi gagasan atau alternatif baru

Dari tahap ini bisa keluar 1-3 gagasan, tidak perlu terlalu banyak. Yang penting setiap gagasan harus dibuat spesifik dan detil.

Di tahap ini, coach boleh brainstorming atau berbagi pengalaman jika diminta.

T

I

R

TA

Rencana 

aksi

Contoh Pertanyaan:

Ada gagasan apa untuk ……?

Apa yang harus disiapkan untuk itu?

Apa yang bisa memastikan hal itu berjalan?

Apa kriteria… yang diinginkan?

Apa lagi?  ?

Di tahap ini, tugas coach adalah mengukuhkan komitmen coachee dan meminta coachee membangun struktur akuntabulitasnya.

Minta coachee menyimpulkan, jangan coachnya.

Coach mungkin perlu mencatat komitmen dalam bentuk action  


Jadi apa yang akan dilakukan setelah sesi ini dari alternatif-alternatif tadi?

Kapan? Siapa yang perlu dihubungi?

Bagaimana Bapak/Ibu memastikan ini bisa berjalan?

Siapa yang perlu dimintai dukungan?

Pertanyaan penutup:

Apa yang bisa disimpulkan dari sesi ini?

Apa yang menjadi insight  dari sesi ini?

Contoh pertanyaan:

T

I

R

TA

Tanggung 

jawab


                                                                  Dok.pribadi Nf


Daftar Referensi

Modul 2.3 “Coaching” Paket Modul 2: Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid Program Pendidikan Guru Penggerak. Penulis Modul: Dr. Murti Ayu Wijayanti M.Pd., Simon Rafael, M.Pd., Shirley Puspitawati, M.Sc., M.Ed.

Ira Monika,dkk (2021). Modul Pendampingan Individu : Kegiatan Coaching Program Sekolah Penggerak. 

Ira Monika, dkk (2021). Modul Bimtek PA : Modul Coaching 

Ira Monika, dkk (2021). Bahan Paparan Modul 16 Coaching_ Sinkron 1

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi 



        

Komentar

  1. Bagus Bun. Menulis pembelajaran sekolah itu penting
    Apalagi diblog sehingga bisa berbagi ide

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah terimakasih Bu Ovi Ciomas ..inshaallah siap tuk slalu belajar mbak Ovi ..terimakasih suportnya.

    BalasHapus
  3. Sama sama Bun..Makasih byk jg sdh mampir di blog saya

    BalasHapus
  4. sama sama bun..makasih jg uda mampur di blogku

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. sama sama Bun..Makasih jg sudah mampir di blog saya

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU