PENINGKATAN KAPASITAS KEPALA SEKOLAH PENGGERAK ANGKATAN I KOTA BIMA

 FEBRUARI CERIA HARI KE-3

JUM'AT , 3 FEBRUARI 2023

              



Alhamdulillah saya mendapatkan Surat tugas dari kepala dinas dikpora Kota Bima untuk mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas kepala sekolah penggerak angkatan I kesempatan ini sangat menambah wawasan dan cakrawala berpikir saya sebagai kepala sekolah penggerak yang harus selalu memiliki visi besar bergerak tergerak dan menggerakkan transformasi pendidikan khususnya Kota Bima dan NTB.  Menindaklanjuti Kunjungan Kepala Balai Guru Penggerak Nusa Tenggara Barat (BGP NTB) bersama Tim pada (30 /1/2023) dalam rangka koordinasi dan kolaborasi serta komitmen Kota Bima terkait Program Sekolah Penggerak. Aksi nyata dari koordinasi program yang telah dilakukan perlu dilaksanakan hingga visi dari sekolah penggerak dapat terwujud, dimana program sekolah penggerak memiliki visi Profil Pelajar Pancasila, di antaranya Berkebhinekaan Global, Bergotong royong, Kreatif, Beriman, Bertakwa kepada Tuhan YME dan berakhlak mulia, Mandiri, dan Bernalar Kritis.

Sehubungan dengan hasil dari koordinasi tersebut hari ini (30/1/2023) bertempat di Aula Handayani Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kota Bima, BGP NTB melaksanakan kegiatan Peningkatan Kapasitas Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Penggerak Dalam Kepemimpinan Pembelajaran Bagi Sekolah Penggerak Angkatan I. Sebanyak 12 orang Kepala Sekolah dan 12 orang Pengawas menjadi peserta dalam kegiatan ini. Kegiatan ini dimaksudkan untuk Kepala Sekolah dan pengawas sekolah memahami peran, tugas, dan pihak yang terlibat di dalam fasilitasi kebutuhan belajar dan berbagi praktik baik, sehingga dapat menyusun rencana pendampingan bagi Guru dalam pengembangan dan fasilitasi kebutuhan belajar dan mampu berbagi praktik serta pembiasaan selanjutnya yang diharapkan dari sekolah-sekolah penggerak terjadinya kolaborasi upaya berbagi bersama mengenai praktik-praktik pembelajaran terbaik. Pada saat kegitan ini kepala BGP NTB Memberikan sambutan yang isinya adalah sebagai berikut

“Mari kita panjatkan puji syukur kepada Allah atas nikmatnya sehingga kita semua dapat berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Sebagian dari Bapak pengawas pasti bertanya-tanya dan baru pertama kali bertemu dengan saya, kalau pak kepala sekolah dan ibu kepala sekolah  sering tapi dengan pengawas mungkin ini baru kali pertama. Saya mau bercerita sedikit mengenai Lembaga baru ini, awalnya Lembaga ini Bernama BPPAUD dan Dikmas NTB yang pada tahun 2022 sudah diubah menjadi BGP NTB, Tusi dari BP PAUD dan Dikmas yang lama itu digabung ke LPMP. Karena ada penggabungan Tusi dari BPPAUD dan Dikmas ke LPMP sehingga LPMP juga sudah berubah nama menjadi BPMP. BGP NTB merupakan UPT Kemendikbudristek dibawah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, ini merupakan transformasi UPT yang dilakukan oleh Pemerintah Pusat. Tugas Pokok kami tertuang dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 14 Tahun 2022 yaitu melaksanakan pengembangan dan pemberdayaan guru, pendidik lainnya, tenaga kependidikan, calon kepala sekolah, kepala sekolah, calon pengawas sekolah dan pengawas sekolah. Di awal tahun ini kami mengadakan kegiatan pertama di tempat ini yaitu kegiatan untuk meningkatkan Kapasitas Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Penggerak Dalam Kepemimpinan Pembelajaran. Kegiatan ini dapat terwujud berkat Kerjasama dan komitmen dari BGP NTB dan Pemerintah Daerah Kota Bima khususnya Dinas Pendidikan  Pemuda danOlah Raga Kota Bima , pada kegiatan ini juga saya mendapatkan anugerah penerima piagam penghargaan/surat keterangan kepala Sekolah Penggerak Angkatan I yang sudah melaksanakan kegiatan pendampingan dari kementerian pendidikan dan kebudayaan riset dan teknologi RI selama satu tahun .

Adapun materi struktur pendampingan program sekolah penggerak angkatan I Tahun ke I Tahun ajaran 2021-2022 adalah mulai dari 

lokakarya -0  : Proses Belajar di Sekolah Penggerak 8 jp luring  ,

lokakarya -1 : Kepala Sekolah Sebagai Pemimpin Pembelajaran 8 jp luring

lokakarya -2 : Penggunaan data sekolah untuk peningkatan kualitas pembelajaran  8 Jp luring

lokakarya -3 : Pembelajaran Sosial Emosional untuk mewujudkan sekolah yang aman dan nyaman 8 jp daring 

lokakarya -4 : Identifikasi Sumber Daya bagi pengembangan program sekolah .8 jp daring

lokakarya -5 : Merancang Visi Misi dan program sekolah sesuai kebutuhan dan karakteristik murid 8 jp daring 

lokakarya -6 : Menjalin Kemitraan untuk mendukung program sekolah 8 jp luring

lokakarya -7 dan 8 : Pelibatan orang tua /wali murid dan masyarakat dalam pengembangan sekolah 8 jp luring

Penguatan Komite Pembelajaran I : Refleksi Kompetensi dan Pembuatan Rencana Belajar 8 jp daring

Penguatan Komite Pembelajaran 2 : Pengelolaan dokumen sumber belajar secara berkesinambungan dan berbagi praktik melalui Cerita 8jp daring.

Forum Pemangku Kepentingan Daerah : 16 jp Luring

Forum PMO SEKOLAH  18 JP DARING

 COACHINGProgram Sekolah Penggerak 18 jp daring

Hadir Kepala KCD Kota dan Kab Bima Anwar Hamzah ,SH yang memberikan pesan singkat dalam sambutannya  bahwa dalam Implementasi Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) di Kota Bima sudah mengalami kemajuan pemahaman yang pesat dibanding tahun-tahun sebelumnya, hingga perlu kita dorong agar program sekolah penggerak ini menjadi jembatan penghubung yang mampu meningkatkan kualitas Pendidikan di Kota Bima.  

Kota Bima akan menjadi contoh bagi PSP angkatan berikut ini, sehingga kegiatan pengimbasanya dapat dirasakan oleh sekolah lain baik PSP maupun non PSP. BGP akan memberikan reward bagi seluruh PSP 1, baik di kota Bima maupun lombok timur. 

Program PSP ini akan kami koordinasi dengan pemda untuk kegiatan pengimbasanya. 

Pada kesempatan ini kepala BGP juga memberikan penghargaan kepada seluruh kepala sekolah penggerak angkatan 1. Karena dedikasinya selama 1 tahun mengikuti penguatan. 

Kepala KCD dikmen Bima, bapak Drs. H. Anwar, SH. M.Si menyampaikan kepala penggerak sekolah harus fokus pada tugas nya dalam mengawal sekolah penggerak yang di pimpinnya. 

Kepala Dinas Dikpora Kota Bima bapak  Drs. H. Supratman, M. AP dalam arahannya, apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan, permohonan maaf atas pelayanan di ruang rapat, selamat datang di kota Bima bagi kepala BGP dan jajarannya. PSP kota Bima merupakan tahun 3, tahun terakhir. Semua tidak benar-benar memahami keadaan sekolah penggerak, sebagai terobosan untuk mewujudkan merdeka belajar. Di kota Bima program PSP ini sangat bermanfaat dalam mempercepat tranformasi pendidikan, praktik baik akan di himpun dan akan di lakukan pengimbasanya. Mutu pendidikan di kota Bima ini merata

Komitmen dilakukan membuat pusat program dan daerah Anda, anggaran porsi besar yang diberikan oleh daerah, kebijakan dari daerah contoh anggaran 20 persen, untuk pengelolaan terkait pendidikan.

Kita harus Kerja keras dan komunikasi terus menerus, terus di dukung dan tidak melakukan mutasi pada guru penggerak

Komitmen daerah harus memberikan motivasi kepada sekolah dan Kelapa sekolah, selalu bergerak dalam proses pengimbasan pada sekolah non penggerak, 

Dukungan dari pemda menjawab kebutuhan, ini merupakan tahun terakhir, BGP masih melakukan pendampingan. Ekosistem di sekolah terus melakukan penguatan, peningkatan kapasitas dan kompetensi kepada pengawas, potensi SDM diperhatikan serius oleh pemda untuk menjadi pemimpin pembelajaran. Kita satukan komitmen untuk memajukan dunia pendidikan, kota Bima dan Indonesia. 

Sementara itu Narsum Diskusi Ari David S. Pd. M.H  Menguatkan Bagaimana Hasil Belajar Siswa, Sekolah Aman Nyaman, Pembelajaran Berbasis Siswa, Pembentukan Komunitas Belajar di Satuan Pendidikan.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

PRAKTIK MINDFULNESS DAN REFLEKSI

TRIK BRILIAN GALI POTENSI UKIR PRESTASI

FASILITASI KEBUTUHAN BELAJAR DAN BERBAGI PRAKTIK BAIK SATUAN PENDIDIKAN KEPALA SEKOLAH KE GURU